Kopi Jamur, Alternatif Sumber Kafein Pengganti Kopi Konvensional

Kopi Jamur, Alternatif Sumber Kafein Pengganti Kopi Konvensional

Ema Aprilisa
Thursday, 12 April 2018, 12:30:00 389 0
Pernah coba kopi jamur, Teens? (dok. bean ground)
Pernah coba kopi jamur, Teens? (dok. bean ground)

Unik, sekarang ada varian kopi baru yaitu kopi jamur yang sedang menjadi perbincangan dan bikin penasaran banyak orang. 

Tak mungkin melewatkan secangkir kopi di pagi hari? Kamu tidak sendiri, Teens. Banyak orang yang juga mengandalkan asupan kafein dalam kopi untuk lebih produktif tiap harinya. Kafein memang menstimulus tubuh untuk lebih waspada, bertenaga, dan pikiran lebih fokus.

Meskipun memiliki manfaat, kopi juga dituding jadi sumber berbagai masalah tubuh. Minum kopi terlalu banyak akan jadi berbahaya karena memacu peningkatkan produksi hormon adrenal berlebih. Hormon tersebut yangbertanggung jawab membuat jantung berdetak lebih kencang sehingga bisa menimbulkan gangguan fungsi organ pemompa darah tersebut. Kopi juga bisa menimbulkan gangguan tidur dan gangguan pada lambung.

Ingin menghindari dampak negatifnya, namun masih belum bisa lepas dari kopi? Coba aja kopi jamur, Teens. Kopi yang terbuat dari jamur khusus ini diklaim lebih sehat dari kopi biasa karena mengandung zat antioksidan yang tinggi. Kopi ini juga mengandung kafein, meskipun jumlahnya hanya setengah dari kopi biasa.

Kini ada mushroom coffee alias kopi jamur! (dok. Istimewa)
Kini ada mushroom coffee alias kopi jamur! (dok. Istimewa)

Kopi jamur sudah sejak lama digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok. Bubuk ekstrak jamur dicampur dengan kopi organik terbukti efektif untuk mencegah diabetes dan mengurangi risiko kanker. Beberapa penelitian bahkan berhasil membuktikan manfaat minum kopi jamur untuk mengontrol kadar gula darah, melawan kelelahan, meningkatkan energi, menguatkan sistem pencernaan dan sistem imun tubuh.

Tertarik mencoba kopi jamur? (dok. Istimewa)
Tertarik mencoba kopi jamur? (dok. Istimewa)

Penasaran dengan kopi jamur ini? Lebih baik, belilah kopi jamur yang tersedia di pasaran dan jangan coba-coba meraciknya sendiri tanpa pengetahuan yang memadai ya, Teens!

Komentar
Signin/Signup

Selamat Datang di teen.co.id

Jika tidak dapat login/signup akun, silahkan kontak kami
Twitter: @teencoid, Facebook: TeenIndonesia, Email: teen@teen.co.id

Term & Condition