Nggak Perlu Terlalu Tegang, Begini Cara Menghadapi UNBK!

Nggak Perlu Terlalu Tegang, Begini Cara Menghadapi UNBK!

trias ismi
Tuesday, 10 April 2018, 15:30:15 1847 0
Ini tips menghadapi UNBK atau Ujian Nasional Berbasis Komputer (dok. freepik)
Ini tips menghadapi UNBK atau Ujian Nasional Berbasis Komputer (dok. freepik)

UNBK atau Ujian Nasional Berbasis Komputer saat ini sedang dilaksanakan oleh siswa di tingkat SMA dan SMK di seluruh Indonesia dan kalian pun nggak perlu terlalu tegang karena begini cara mudah menghadapi UNBK!

UNBK memang menjadi inovasi terbaru dari pemerintah karena para siswa saat mengerjakan UN (Ujian Nasional) nggak perlu menggunakan kertas dan alat tulis lagi karena semuanya kini telah berbasis komputer dan internet. 

Memang terdengar lebih nyaman karena hanya perlu menjawab soal ujian lewat komputer tapi tentunya bagi para siswa hal ini tetap bisa membuat mereka deg-degan kan Teens?

Apakah kamu sedang menempuh UNBK saat ini Teens? (dok. freepik)
Apakah kamu sedang menempuh UNBK saat ini Teens? (dok. freepik)

Jadi agar kalian nggak terlalu tegang, coba deh beberapa cara menghadapi UNBK berikut ini ya!

Biasakan diri dengan komputer

UNBK berarti kita harus mengerjakan ujian dengan komputer jadi tentu saja kalian harus membiasakan diri dengan komputer nih Teens. Apalagi buat kalian yang jarang melihat layar komputer biasanya bisa mudah merasa pusing kan.

Selain itu kalian harus mengetahui istilah-istilah yang digunakan agar waktu UNBK nanti nggak kaget ya Teens. Paling tidak cobalah latihan mengerjakan soal-soal UNBK lewat komputer kalian ya. 

Biasakan diri menggunakan komputer untuk mempermudah melewati UNBK (dok. freepik)
Biasakan diri menggunakan komputer untuk mempermudah melewati UNBK (dok. freepik)

Ikuti prosedurnya

Saat kalian akan melaksanakan UNBK sebaiknya ikuti prosedur yang diberikan oleh pengawas ruangan. Jika pengawas menyuruh kalian mengisi misal biodata selama 15 menit maka pergunakan waktu itu sebaik mungkin. Jadi jangan sampai kalian menggunakan waktu untuk mengerjakan soal malah untuk mengisi biodata ya. 

Kerjakan soal yang lebih mudah dulu

Mengerjakan soal yang lebih mudah dulu adalah salah satu hal yang harus kalian lakukan saat menghadapi UNBK nih Teens. Saat kalian mendahulukan soal yang sulit biasanya akan memakan waktu yang lebih lama dan bisa menghabiskan waktu ujian.

Jadi sebaiknya cari saja dulu soal yang lebih mudah untuk dikerjakan dan baru disusul soal-soal yang lebih sulit ya. 

Jangan sampai lupa memeriksa jawaban kalian

Sebelum ujian berakhir sebaiknya luangkan waktu untuk memeriksa lembar jawaban kalian ya Teens. Jika masih ada yang kosong lebih baik segera kerjakan ya. Janganlah memilih tombol 'selesai' jika kalian masih belum yakin dengan jawaban kalian ya Teens. Lebih baik periksa dengan cermat dulu dan nggak perlu tergesa-gesa. 

Setiap ujian pastinya akan bisa kita hadapi dengan mudah jika kita sudah melakukan banyak persiapan kan Teens. Jika kalian sudah belajar dan mempersiapkan diri dengan baik pastinya UNBK bisa kalian hadapi dengan mudah lho. 

Jadi nggak perlu terlalu tegang dan hadapi UNBK dengan sebaik-baiknya ya Teens, selamat ujian!

Last Editor : Khairiyah Sartika
loading...
Komentar
Signin/Signup

Selamat Datang di teen.co.id

Jika tidak dapat login/signup akun, silahkan kontak kami
Twitter: @teencoid, Facebook: TeenIndonesia, Email: teen@teen.co.id

Term & Condition