Jangan Anggap Remeh, 4 Tipe Bullying Ini Mungkin Pernah Kamu Lakukan Tanpa Sadar!

Jangan Anggap Remeh, 4 Tipe Bullying Ini Mungkin Pernah Kamu Lakukan Tanpa Sadar!

sora sarah
Wednesday, 28 March 2018, 14:30:57 2763 0
Sadar atau nggak, bisa jadi kamu pernah melakukan 4 tipe bullying ini (dok. elternkompass.de)
Sadar atau nggak, bisa jadi kamu pernah melakukan 4 tipe bullying ini (dok. elternkompass.de)

Kalian pasti sering mendengar soal bullying atau perundungan, tapi sadarkah kalian bahwa bullying tak selalu mengenai kekerasan dan mungkin saja kalian pernah melakukan 1 dari 4 tipe bullying secara nggak sadar. 

Ada banyak cerita dan kasus soal bullying. Banyak yang terjadi di sekolah ataupun kampus kalian. Saat mendengarnya, kita mungkin merasa iba dan kasian, tapi jangan cuma berhenti sampai di situ saja Teens. Kalian pun harus aktif untuk mencegah atau mengurangi soal bullying di sekitar kalian. Jangan sampai, kalian sendiri jadi pelaku bullying

Apakah kamu pernah dibully atau sebaliknya, membully? (dok. sibenik.in)
Apakah kamu pernah dibully atau sebaliknya, membully? (dok. sibenik.in)

Seperti apa sih bullying itu? 

Bullying nggak selamanya melakukan penindasan berupa kekerasan, Teens. Jadi jangan salah paham dulu, ya. Bullying sebenarnya mencakup perilaku yang berfokus pada membuat orang lain merasa kecil atau tidak bahagia.

Hal ini termasuk pelecehan, gangguan fisik, ucapan yang berulang kali merendahkan dan upaya untuk mengucilkan orang lain. Perlakuan seperti ini biasanya dilakukan oleh seseorang dengan tujuan untuk menjatuhkan orang lain. 

Nah ada 4 jenis bullying yang kalian harus paham banget nih, Teens

1. Secara Fisik 

Physical bullying atau perundungan fisik tentunya menjadi jenis bullying yang paling jelas. Dalam kasus bullying secara fisik, pelaku berusaha untuk mendominasi seseorang secara fisik.

Dalam berbagai kasus bullying yang menimpa remaja, hal fisik yang dilakukan bisa berupa menendak, mememukuli dan kekerasan fisik lainnya yang membuat si korban takut pada pelaku bullying dan menuruti apa yang si pelaku inginkan. 

Apakah kamu pernah dibully secara fisik? Atau malah pernah membully orang secara fisik? (dok. Safeline Young People)
Apakah kamu pernah dibully secara fisik? Atau malah pernah membully orang secara fisik? (dok. Safeline Young People)

2. Secara Verbal 

Verbal bullying atau perundungan secara verbal bisa jadi sering kalian lakukan tanpa sadar atau tanpa memahami bahwa hal tersebut salah, Teens. Saat seseorang mem-bully orang lain, biasanya pelaku menggunakan kata-kata yang kasar atau menggunakan bahasa yang merendahkan korban dan membuatnya merasa rendah dan tak percaya diri.

Pelaku bullying tipe ini biasanya secara berlebihan mengejek orang lain, mengatakan hal-hal yang meremehkan dan menggunakan banyak sarkasme dengan maksud untuk menyakiti perasaan orang lain atau mempermalukan korban di depan orang lain.

Kalau kalian sering mengejek teman kalian dan mengatakan hal-hal yang merendahkannya, itu termasuk bullying, Teens! Hal yang menurut kalian hanya ejekan remeh bisa saja sangat melukai orang lain, jadi pikirkan baik-baik sebelum mengatakan sesuatu ke orang lain, ya. 

3. Secara Emosi 

Emotional bullying melibatkan emosi dan lebih subtle atau halus dibandingkan bullying secara verbal. Bullying secara emosi biasa dilakukan pelaku dengan tujuan agar korbannya merasa terisolasi, sendiri dan bisa berujung membuatnya depresi. Contohnya begini Teens, kalau ada seseorang yang kemudian menghasut orang lain atau menyebarkan rumor agar seseorang dikucilkan, itu termasuk bullying secara emosional.

Pelaku memang nggak secara langsung mengatakan hal jahat ke korbannya, namun si korban biasanya akan dijauhi oleh orang lain dan menjadi bulan-bulanan. Pernah nggak kalian nyebarin gosip soal orang lain? 

Membully secara emosi juga termasuk salah satu tipe bullying yang tanpa disadari sering dilakukan (dok. End Bullying)
Membully secara emosi juga termasuk salah satu tipe bullying yang tanpa disadari sering dilakukan (dok. End Bullying)

4. Cyber Bullying 

Cyber bullying juga jadi masalah yang nyata banget buat para remaja. Gimana nggak, remaja kekinian memang nggak bisa lepas sama internet. Tapi, hati-hati jangan sampai kamu jadi pelaku cyber bullying, ya. Cyber bullying biasanya terjadi di media sosial dengan tujuan untuk mempermalukan atau menindas seseorang.

Media sosial itu kan ruang publik, bayangkan gimana perasaan seseorang yang dipermalukan atau ditindas dan banyak orang yang mengetahuinya. Rasanya seperti bahkan tak punya tempat di dunia maya. Cyber bullying bisa dilakukan perorangan atau bersama teman-teman yang ikut menjatuhkan seseornag di media sosial. Jangan lakukan ya, Teens

Bullying itu nggak baik dan justru sangat jahat. Untuk apa sih kita membuat orang merasa berkecil hati? Dengan mengetahui 4 jenis bullying di atas, semoga berguna dan membuat kalian lebih aware dengan sekitar, ya. 

Last Editor : Khairiyah Sartika
loading...
Komentar
Signin/Signup

Selamat Datang di teen.co.id

Jika tidak dapat login/signup akun, silahkan kontak kami
Twitter: @teencoid, Facebook: TeenIndonesia, Email: teen@teen.co.id

Term & Condition