Bye Kentang Goreng, Yuk Olah Kentang dengan 5 Cara yang Lebih Sehat Ini!

Bye Kentang Goreng, Yuk Olah Kentang dengan 5 Cara yang Lebih Sehat Ini!

Clarissa Pangestu
Thursday, 15 March 2018, 10:32:17 3784 0
Gimana sih mengolah kentang biar lebih sehat? (dok. unsplash)
Gimana sih mengolah kentang biar lebih sehat? (dok. unsplash)

Jangan kebanyakan makan kentang goreng, mendingan olah kentang jadi makanan yang lebih sehat, yuk! 

Siapa di sini yang suka kentang? Jenis umbi yang memang dikenal sangat baik untuk kesehatan tubuh ini memang menjadi salah satu panganan favorit banyak orang. Kandungan vitamin C, B6, potassium dan fitonutrien di dalam kentang menjadikannya salah satu sumber pemenuhan nutrisi yang sangat disarankan untuk dikonsumsi manusia setiap waktu.

Ngomong-ngomong soal kentang, yang langsung terbayang di benak kita biasanya adalah kentang goreng. Waduh, siapa sih yang tidak suka kentang goreng? Rasanya yang enak dan pengolahannya yang mudah menjadi alasan utama kenapa olahan kentang satu ini sangat digemari.

Tapi tahukah kamu kalau kentang yang digoreng justru bisa menjadi racun bagi tubuh?

Jangan kebanyakan makan kentang goreng ya Teens (dok. unsplash)
Jangan kebanyakan makan kentang goreng ya Teens (dok. unsplash)

Yup, saat kamu menggoreng kentang, maka lemak jenuh dan kalori tambahan dari minyak sayur akan menempel pada kentang dan kemudian masuk ke dalam tubuhmu. Kalau hal ini dibiarkan berlanjut dalam kurun waktu yang lama maka kentang yang harusnya menyehatkan kamu, justru bisa jadi penyumbang besar untuk gangguan kesehatan bagi tubuhmu.

Dibawah ini ada beberapa cara mengolah kentang yang praktis dan bisa kamu aplikasikan sebagai pengganti kentang goreng. Walaupun mungkin rasanya tidak akan seciamik kentang goreng yang biasa kamu konsumsi, tapi cobalah mengganti cara mengolah kentang demi kesehatan jangka panjang ya Teens.

Dikukus

kentang yang dikukus enak dan sehat tentunya (dok. taste)
kentang yang dikukus enak dan sehat tentunya (dok. taste)

Cara mengolah kentang yang pertama dan mungkin menjadi pilihan banyak orang adalah dikukus. Terdengar membosankan? Tenang, kamu bisa lho menambahkan taburan garam dan sedikit lada atau bahkan bubuk cabai di atas kentang kukus kamu untuk menambah cita rasa. Tidak hanya itu saja, biasanya banyak orang yang menambahkan bubuk rosemary dan juga sage untuk mendapatkan rasa yang lebih gurik.

Merasa rempah tersebut kurang nendang? Kamu bisa mengukus kentang dengan menambahkan rempah segar. Cara membuat rempah segar adalah dengan mencincang kasar daun peterseli, kemangi, dill, thyme, atau sage dan kemudian tabur di atas kentang kukusmu. Tambahkan lada hitam atau jintan untuk menambahkan cita rasa kentang kukus kalian. 

Dijadikan sup

Sup kentang? Yummy banget! (dok. pillsbury)
Sup kentang? Yummy banget! (dok. pillsbury)

Cara alternatif kedua untuk mengolah kentang adalah dengan menjadikannya sup. Kamu cukup mencampurkan kentang bersama dengan potongan sayur rebus lainnya (brokoli, wortel, seledri, dan bawang Bombay) ke dalam kuah kaldu sayuran atau kuah kaldu ayam yang rendah lemak. Untuk tambahan protein, kamu bisa menambahkan beberapa potongan atau suwiran ayam. Tambahkan sedikit lada dan garam kalau kamu menginginkan cita rasa yang lebih solid.

Ditumbuk (mashed potato)

Mashed potato pasti banyak yang suka kan? (dok. nytimes)
Mashed potato pasti banyak yang suka kan? (dok. nytimes)

Cara ketiga adalah dengan menumbuk kentang sampai halus alias menjadikannya mashed potato. Untuk cara pengolahan satu ini, kamu bisa mengganti mentega dengan susu skim atau yogurt rendah lemak. Kamu juga bisa menamabhakan sage atau kembang kol kukus untuk mendapatkan cita rasa yang unik.

Tips lain untuk mendapatkan mashed potato yang lebih sehat adalah merebus kentang bersama dengan 6 siung bawang putih. Tiriskan dan kemudian haluskan keduanya. Tambahkan garam, lada hitam, irisan bawang merah, dan tiga sendok makan minyak zaitun. Aduk hingga rata dan kamu siap menikmati mashed potato.

Dijadikan salad

Salad kentang enak dan bikin kenyang (dok. taste)
Salad kentang enak dan bikin kenyang (dok. taste)

Kamu bisa mengolah kentang dengan menjadikannya sebagai salad, dengan catatan kamu harus mengganti mayonnaise dengan yogurt rendah lemak atau greek yogurt guna membuat salad kentangmu lebih segar. Untuk salad kentang, kamu juga bisa menambahkan bawang, selederi, paprika merah, acar dill cincang, dan menambahkan sedikit taburan garam dan/atau merica.

Dipanggang

Kentang panggang juga enak kok (dok. seriouseats)
Kentang panggang juga enak kok (dok. seriouseats)

Cara lain untuk mengolah kentang dengan lebuh sehat adalah dengan memanggangnya. Kamu juga bisa menambahkan topping greek yogurt tawar, brokoli, dan saus salsa, atau cincangan rempah segar di atas kentang panggangmu. Ingat, jauhkan keju parut, krim asam, atau butter dari kentang panggangmu ya Teens.

Sekedar tips dalam memanggang kentang, kamu harus terlebih dahulu melapisi kentang dengan alumunium foil guna mempertahankan seluruh nutrisi yang terdapat di dalam kentang.

Nah, biar nggak kebanyakan makan kentang goreng, yuk olah kentang dengan 5 cara sehat di atas!

Komentar
Signin/Signup

Selamat Datang di teen.co.id

Jika tidak dapat login/signup akun, silahkan kontak kami
Twitter: @teencoid, Facebook: TeenIndonesia, Email: teen@teen.co.id

Term & Condition