Ini 8 Tips Atasi Kulit yang Mengelupas, Yuk Coba!

Ini 8 Tips Atasi Kulit yang Mengelupas, Yuk Coba!

Clarissa Pangestu
Friday, 12 January 2018, 14:02:41 723 0
Ilustrasi kulit mengelupas (dok. beautyremedies.org)
Ilustrasi kulit mengelupas (dok. beautyremedies.org)

Salah satu permasalahan yang sering kita hadapi tanpa disadari sama sekali adalah kondisi kulit yang mengelupas.Gimana sih cara mengatasinya? 

Pengelupasan kulit ini sebenarnya adalah sel-sel kulit mati yang terjadi rutin setiap bulannya, oleh karena itu tidak heran kalau pengelupasan kulit terjadi di area tubuh dan wajah.

Setiap kaum perempuan pasti pernah mengalami pengelupasan kulit karena sel kulit mati. Tidak usah khawatir, hal ini wajar dan kamu tidak perlu panik karena pengelupasan kulit merupakan bagian dari pross regenerasi alami pada kulit kita. Walau begitu, tidak menutup kemungkinan kalau pengelupasan kulit dapat juga disebabkan oleh beberapa kondisi seperti kurangnya nutrisi atau pemakaian produk perawatan atau make up yang terlalu berlebihan sehingga membuat kulit meradang.

Yuk jaga kulitmu agar nggak mengelupas (dok. unsplash)
Yuk jaga kulitmu agar nggak mengelupas (dok. unsplash)

Bagi kamu yang sedang mengalami pengelupasan kulit yang cukup parah di bagian wajah, maka ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi permasalahan ini Teens. Ini dia:

1.Tambahkan asupan vitamin C, vitamin D, dan vitamin E ke dalam tubuhmu. Hal ini harus kamu lakukan karena ketiga vitamin tersebut memiliki peranan untuk memperbaiki sel-sel kulit. Ketiga vitamin ini dapat kamu peroleh dari buah-buahan, sayuran hijau, atau suplemen.

Banyak makan sayuran hijau yuk! (dok. Istimewa)
Banyak makan sayuran hijau yuk! (dok. Istimewa)

2.Minum minimal 8 gelas air putih sehari untuk mencukupi kebutuhan air tubuhmu. Yup seperti yang kamu ketahui, tubuh manusia memang membutuhkan air yang cukup tinggi guna menjaga kondisi tubuh termasuk kulit kalian agar tidak dehidrasi.

Pastinya harus banyak minum air Teens! (dok. Instagram)
Pastinya harus banyak minum air Teens! (dok. Instagram)

3.Gunakan sunblock untuk melindungi kulit wajah kamu dari paparan sinar matahari dan sinar UV yang dapat merusak kolagen di wajah kamu.

4.Konsumsilah makanan yang mengandung AHA (Alpha Hydroxy Acid), dimana AHA ini berguna untuk mengeluarkan sel-sel kulit mati yang sudah rusak dan tua.

5.Lakukan banyak aktivitas yang menggunakan kelenjar keringat dan kelenjar minyak, misalnya adalah dengan berolahraga.

6.Lakukan perawatan wajah kamu dengan baik dan benar. Seperti misalnya, mencuci muka 2 kali sehari, gunakan cleanser serta toner yang cocok dengan kebutuhan kulit wajahmu.

Jangan lupa cuci muka dengan rutin (dok. prevention)
Jangan lupa cuci muka dengan rutin (dok. prevention)

7.Pelajari apakah produk make up yang kamu pakai cocok dengan kondisi kulitmu atau tidak, jika tidak, segera hentikan pemakaian dan cari produk alternatif lain.

8.Jangan terlalu lama berada dibawah basuhan air yang mengandung klorin yang tinggi, contohnya yaitu kolam renang. Hal ini dapat membuat kulit kamu kering dan pada akhirnya adalah mengelupas.

Nah, itu dia 8 tips mudah yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi dan mencegah kulit yang mengelupas, coba ya! 

loading...
Komentar
Signin/Signup

Selamat Datang di teen.co.id

Jika tidak dapat login/signup akun, silahkan kontak kami
Twitter: @teencoid, Facebook: TeenIndonesia, Email: teen@teen.co.id

Term & Condition