Jo Kwon Tinggalkan JYP Entertainment dan Gabung dengan Cube Entertainment, Gimana Masa Depan 2AM?

Jo Kwon Tinggalkan JYP Entertainment dan Gabung dengan Cube Entertainment, Gimana Masa Depan 2AM?

Clarissa Pangestu
Thursday, 11 January 2018, 16:00:00 214 0
Jo Kwon 2AM ceritakan soal kepindahannya ke Cube dan masa depan 2AM (dok. Dazed)
Jo Kwon 2AM ceritakan soal kepindahannya ke Cube dan masa depan 2AM (dok. Dazed)

Jo Kwon 2AM yang sebelumnya sudah 16 tahun berada di bawah naungan JYP Entertainment, kini bergabung dengan Cube Entertainment dan gimana dong nasib masa depan 2AM?

Tepat pada tangga 10 Januari kemarin, Jo Kwon mengadakan konferensi pers untuk single terbarunya yang bertajuk Lonely, dimana dalam konferensi persnya itu, ia membicarakan tentang keputusannya meninggalkan JYP Entertainment, kelanjutan karier 2AM, dan lainnya.

Memulai kariernya sebagai seorang solois dengan merilis sebuah single, Jo Kwon mengatakan, "Adalah hal penting dan menyenangkan untukku dapat merilis single terbaru ini. Aku masih merasa sedikit canggung dan emosional karena aku biasanya melakukan promosi bersama dengan anggota 2AM yang lain, tapi kini aku melakukannya sendiri." Yup, Jo Kwon memang baru saja memulai karier solonya pasca dirinya yang bergabung dengan Cube Entertainment sejak bulan November 2017 lalu, setelah sebelumnya 16 tahun berkarir dibawah naungan JYP Entertainment.

Jo Kwon kembali sebagai solois dan rilis Lonely (dok. Cube)
Jo Kwon kembali sebagai solois dan rilis Lonely (dok. Cube)

Terkait keputusannya untuk meninggalkan JYP Entertainment dan bergabung dengan Cube Entertainment, Jo Kwon pun berbagi sedikit cerita. "Saat aku pindah dari JYP Ke Cube, aku merasakan beberapa tekanan. Walau begitu, aku ingin menunjukkan musik yang mengalir dengan natural." Ia pun juga menambahkan bahwa dirinya medapatkan support dari teman-teman di agensi barunya itu. Jo Kwon mengungkapkan rasa syukurnya karena BTOB dan PENTAGON datang untuk mendukungnya saat shooting MV dan bagaimana HyunA melakukan video call untuk mendukungnya.

"Aku bergabung dengan JYP selama 16 tahun setelah lolos sebuah program audisi. Banyak orang yang melihat diriku sebagai simbol dari JYP. Aku merasa aku sudah mengubur tulangku di JYP dan aku juga berteman dengan beberapa director di sana juga. Namun, cara paling mudah untuk menjelaskan keputusanku meninggalkan JYP adalah pemikiranku, 'Aku sudah tinggal selama yang aku bisa.' Aku pikir aku sudah melakukan segalanya yang bisa kulakukan selama di JYP. Sampai sekarang, aku bersyukur terhadap waktu yang sudah kulalui disana tapi aku juga membutuhkan titik balik. Setelah aku memasuki umur 30 tahun, aku menginginkan awal yang baru."

Saat ditanya alasannya memilih Cube Entertainment, Jo Kwon menjelaskan, "Aku bertemu dengan agensi-agensi lain. Tahun lalu, saat aku berumur 29 tahun, aku berpikir tentang segala sesuatunya. Mungkin karena aku akan memasuki masa baru (pertambahan umur) dalam hidupku, tapi hal tersebut cukup sulit bagiku. Dan saat itu, bos dari Cube Entertainment, yaitu Hong Seung Sung menghubungiku. Manajemen 2AM sangat tidak biasa. Pada kenyataannya, artis pertama Cube adalah 2AM. Setelah itu, kami juga berpindah ke Big Hit Entertainment. Jadi tidaklah penting pada agensi mana aku menandatangani kontrak. Kemanapun aku pergi, segalanya masih sama."

Begitu nama 2AM disinggung, Jo Kwon pun berbagi cerita tentang kesulitan yang dihadapi oleh 2AM untuk melakukan promosi sebagai sebuah grup, namun ia mengatakan 2AM tidak akan disband. Jo Kwon menjelaskan bahwa setiap anggota 2AM memiliki kondisi di kontrak dengan agensi mereka masing-masing bahwa mereka bisa melakukan promosi sebagai 2AM. "Kami menyiapkan sebuah album tapi karena Im Seulong harus melakukan wamil, kami menyadari bahwa kami hanya punya waktu 1 minggu untuk promosi. Semingu terasa terlalu sebentar jadi kami memutuskan untuk menunggu sedikit lebih lama."

2AM sudah lama tidak muncul (dok. JYP)
2AM sudah lama tidak muncul (dok. JYP)

Jo Kwon juga mengungkapkan kesulitan yang ia hadapi semasa umurnya 29 tahun di tahun 2017 lalu dengan mengatakan "Menjadi seseorang berumur 29 tahun adalah hal yang paling sulit. Aku memulai bisnisku dengan Yoon Kye Sang, aku mengambil tantangan-tantangan baru, aku menyebabkan beberapa kecelakaan, aku berpindah agensi, dan sebagainya. Aku menginginkan tahun 2017 untuk berlalu dengan cepat dan saat aku bertambah umur menjadi 30 tahun, rasanya aku baru saja dilahirkan kembali."

"Sejak aku lahir, aku selalu mendengar bahwa aku unik. Dengan segala talenta dan energi yang kumiliki, aku tidak mau selalu menyanyikan lagu ballad selama karirku sebagai musisi. Aku debut sebagai bagian dari 2AM yang merupakan sebuah grup ballad dan aku melakukan yang terbaik dariku. Tapi sebagai seorang individual, aku merasa aku bisa melakukan banyak hal lain di bidang lainnya."

Mendekati perayaan 10 tahun sejak debutnya, Jo Kwon berbagi tentang hal yang ingin ia capai adalah agar tidak terlupakan. Ia menjelaskan, "Sebagai seorang musisi dan selebriti, segalanya berubah secara konstan. Aku bisa menjadi subjek untuk digunjingkan dan membuat salah paham. Tapi aku pikir dari segala hal sulit yang kuhadapi dalam pekerjaan ini, aku tidak mau terlupakan. Aku bersyukur orang-orang masih mengingatku."

Mengakhiri konferensi pers-nya itu, Jo Kwon mengatakan, "Aku akan melakukan apapun yang mau kulakukan mulai sekarang."

Wah, kita doakan ya semoga perjalanan karier Jo Kwon sebagai seorang solois setelah dari JYP Entertainment dapat berjalan dengan baik dan 2AM dapat secepatnya kembali promosi! 

Komentar
Signin/Signup

Selamat Datang di teen.co.id

Jika tidak dapat login/signup akun, silahkan kontak kami
Twitter: @teencoid, Facebook: TeenIndonesia, Email: teen@teen.co.id

Term & Condition