Masih Sering Capek Meskipun Telah Tidur Selama 8 Jam, Ternyata Inilah Alasannya

Masih Sering Capek Meskipun Telah Tidur Selama 8 Jam, Ternyata Inilah Alasannya

trias ismi
Wednesday, 10 January 2018, 19:01:28 6353 0
Tidur sudah 8 jam tapi masih capek? (dok. unsplash)
Tidur sudah 8 jam tapi masih capek? (dok. unsplash)

Selama ini kita selalu mendengar anjuran mengenai tidur selama 8 jam yang bisa membuat tubuh selalu fit, tapi ternyata kita masih sering merasa capek meskipun telah tidur selama itu dan rupanya inilah alasannya nih Teens. 

Banyak orang menganggap jika sudah tidur selama 8 jam maka bisa membuat badan terjauh dari masalah dan selalu fit. Padahal terkadang kita masih merasa capek dan badan menjadi terasa berat meskipun telah tidur selama 8 jam kan?

Kalian masih capek nggak setelah tidur 8 jam? (dok. unsplash)
Kalian masih capek nggak setelah tidur 8 jam? (dok. unsplash)

Dilansir dari Cosmopolitan, ternyata alasan kita masih capek meskipun telah tidur selama 8 jam adalah karena waktu bangun kita tidak konsisten. 

Dr Carmel Harrington mengungkapkan bahwa waktu bangun yang lebih konsisten lebih penting daripada jumlah jam tidur. Pasalnya dengan waktu bangun yang konsisten maka bisa mengatur jam biologis dari tubuh. 

"Kebanyakan orang tidak tahu bahwa saat bangun pagi bisa mempengaruhi waktu kita saat tidur di malam hari. Saat melihat cahaya di pagi haroi maka otak akan memproduksi melatonin yang bisa mengatur jam tubuh selama seharian," ucapnya.

Saat kita bangun dengan waktu yang berbeda-beda biasanya jam biologis akan rusak dan tubuh harus mengatur ulangnya lagi dan lagi. Hal itulah yang bisa membuat kita menjadi cepat lelah, lapar hingga malas nih Teens.

Masih capek setelah tidur lama? (dok. Istimewa)
Masih capek setelah tidur lama? (dok. Istimewa)

Jadi agar kita tak mudah cepat lelah, sebaiknya diusahakan untuk tidur dan bangun dengan waktu yang sama. Pasalnya, meskipun telah tidur selama 8 jam tapi jadwal tidur masih berantakan maka bisa mengakibatkan jam biologis kita berubah-ubah dan membuat kita menerima efek negatifnya lho. 

Setelah mengetahui alasan dari badan yang tetap capek meskipun telah tidur selama 8 jam seperti di atas, jadi mulai sekarang kalian harus lebih konsisten mengatur waktu tidur dan waktu bangun ya Teens

Last Editor : Sarah Christiani
loading...
Komentar
Signin/Signup

Selamat Datang di teen.co.id

Jika tidak dapat login/signup akun, silahkan kontak kami
Twitter: @teencoid, Facebook: TeenIndonesia, Email: teen@teen.co.id

Term & Condition