Ternyata Inilah Perbedaan antara Rafflesia Arnoldii dan Bunga Bangkai

Ternyata Inilah Perbedaan antara Rafflesia Arnoldii dan Bunga Bangkai

trias ismi
Wednesday, 10 January 2018, 09:30:02 1780 0
Rafflesia Arnoldii dan Bunga Bangkai itu beda, Teens! (dok. Istimewa)
Rafflesia Arnoldii dan Bunga Bangkai itu beda, Teens! (dok. Istimewa)

Kemarin, 9 Januari tahun 2018 ini diperingati sebagai hari ke-25 tahun bunga Rafflesia Arnoldii sebagai Bunga Nasional Indonesia, tapi ternyata masih banyak orang yang masih tidak tahu jika sebenarnya bunga yang satu ini berbeda dengan bunga bangkai Teens.

Bunga Rafflesia Arnoldii dan bunga bangkai atau Titan Arum ini memang sama-sama bisa mengeluarkan bau yang tak sedap. Namun, sebenarnya kedua bunga ini juga memiliki banyak perbedaan lho Teens.

Rafflesia Arnoldii memiiliki bentuk bunga yang besar dan melebar serta tak memiliki akar, tungkai dan daun (dok. WWF)
Rafflesia Arnoldii memiiliki bentuk bunga yang besar dan melebar serta tak memiliki akar, tungkai dan daun (dok. WWF)

Dari tampilannya

Jika dilihat dari tampilannya bunga Rafflesia Arnoldii dan bunga bangkai memiliki perbedaan yang mencolok. Rafflesia Arnoldii memiliki bentuk bunga yang melebar dengan lima mahkota bunga dan tak memiliki akar, daun dan tungkai. Warnanya pun adalah merah sedikit orange dengan bintik-bintik berwarna putih. Saat mekar bunga ini akan memiliki diameter hingga 1 meter, tinggi hinga 50 cm dan berat hingga 11 kg. 

Jika dilihat bentuk bunga bangkai rupanya sangatlah berbeda dengan bunga Rafflesia Arnoldii karena bunga ini terlihat memiliki terompet di bagian tengah yang lebih tinggi dari kelopaknya. Bunga ini sendiri bisa tumbuh tinggi hingga 3 meter dan diameter hingga 1,5 meter lho Teens. Warna mahkota dari bunga yang satu ini adalah ungu dan bagian terompetnya berwarna krem. 

Meskipun terlihat besar tapi bunga bangkai bukanlah bunga terbesar di dunia karena bunga yang satu ini terdiri dari ribuan bunga kecil yang tumbuh pada batang yang sama.

Bunga bangkai atau Titan Arum ini memiliki semacam terompet yang menjulang tinggi dan kelopak yang berwarna ungu (dok. CNN)
Bunga bangkai atau Titan Arum ini memiliki semacam terompet yang menjulang tinggi dan kelopak yang berwarna ungu (dok. CNN)

 

Tipe

Bunga Rafflesia Arnoldii ialah tipe tumbuhan parasit yang membutuhkan tumbuhan lain agar bisa hidup. Jadi saat tumbuhan yang ditumpanginya mati maka bunga yang satu ini juga akan ikutan mati lho Teens

Sedangkan bunga bangkai bukanlah tumbuhan parasit karena mereka akan hidup di umbi mereka sendiri.

Lama tumbuh dan mekar

Rafflesia Arnoldii disebut langka karena memerlukan waktu yang lama untuk tumbuh nih Teens. Bunga yang satu ini memerlukan waktu hingga 9 bulan untuk tumbuh sebelum akhirnya mereka akan mekar. Waktu mekar mereka juga sangat singkat yaitu hanya sekitar 5 sampai 7 hari saja dan akan segera layu dan mati.

Bunga bangkai rupanya bisa hidup hingga mencapai usia 40 tahun lho Teens. Namun, bunga bangkai sangat jarang mekar karena biasanya mereka akan mekar setiap 7 hingga 9 tahun sekali saja. Waktu mekarnya pun juga sangatlah sebentar karena hanya selama dua hari saja Teens. 

Habitat

Bunga Rafflesia Arnoldii habitat utamanya adalah di hutan tropis. Tak hanya tersebar di hutan tropis Indonesia saja, rupanya di hutan tropis di Filipina juga ditemukan bunga yang satu ini lho Teens. Namun, sampai saat ini Rafflesia Arnoldii masih belum bisa dikembangbiakkan di luar habitat aslinya tersebut. 

Sedangkan bunga bangkai habitat aslinya adalah di wilayah dataran rendah di negara yang beriklim tropis dan juga subtropis. Berbeda dengan Rafflesia Arnoldii, bunga ini sudah bisa dikembangbiakkan di luar habitat aslinya sehingga memudahkan para ilmuwan untuk mempelajarinya. 

Baik bunga Rafflesia Arnoldii dan bunga bangkai atau Titan Arum ini memang sama-sama menjadi bunga yang unik ya Teens. Jadi dengan penjelasan seperti di atas, sekarang kalian mulai mengerti kan mengenai perbedaan dari bunga Rafflesia Arnoldii dan bunga bangkai nih Teens?

Last Editor : Sarah Christiani
loading...
Komentar
Signin/Signup

Selamat Datang di teen.co.id

Jika tidak dapat login/signup akun, silahkan kontak kami
Twitter: @teencoid, Facebook: TeenIndonesia, Email: teen@teen.co.id

Term & Condition