Bunga Rafflesia Arnoldii Jadi Google Doodle, Inilah 4 Fakta Mengenai Bunga yang Satu Ini

Bunga Rafflesia Arnoldii Jadi Google Doodle, Inilah 4 Fakta Mengenai Bunga yang Satu Ini

trias ismi
Tuesday, 09 January 2018, 18:06:29 568 0
Rafflesia Arnoldii, google doodle hari ini (dok. Istimewa)
Rafflesia Arnoldii, google doodle hari ini (dok. Istimewa)

Ada yang unik dari Google Doodle hari ini Teens karena dihiasi oleh bunga Rafflesia Arnoldii karena telah menjadi Bunga Nasional Indonesia selama 25 tahun dan inilah 4 fakta mengenai bunga ini yang harus kalian ketahui.

Tepat pada 9 Januari 25 tahun yang lalu bunga Rafflesia Arnoldii ditetapkan sebagai Bunga Nasional Indonesia bersama dengan bunga Melati dan Anggrek. Bunga ini pun menjadi salah satu tanaman paling unik yang dimiliki oleh Indonesia sehingga namanya pasti sudah tak asing lagi di telinga kita kan Teens. 

Nah, jika kalian ingin tahu lebih dalam mengenai bunga Rafflesia Arnoldii yang jadi google doodle hari ini, yuk simak 4 faktanya di bawah ini!

Rafflesia Arnoldii telah menjadi Bunga Nasional Indonesia selama 25 tahun (dok. worldatlas)
Rafflesia Arnoldii telah menjadi Bunga Nasional Indonesia selama 25 tahun (dok. worldatlas)

1. Rafflesia Arnoldii menjadi bunga paling besar di dunia

Bunga Rafflesia Arnoldii rupanya juga disebut sebagai Padma (bunga) Raksasa karena ukurannya yang sangat besar. Saat bunga ini mekar maka diameternya bisa mencapai hingga 1 meter dan beratnya bisa sampai lebih dari 10 kg lho Teens. Itulah mengapa bunga yang satu ini disebut sebagai bunga yang terbesar di dunia. 

2. Namanya diambil dari penemunya

Nama Rafflesia Arnoldii sebenarnya diambil dari nama penemunya nih Teens. Sir Thomas Stamford Raffles adalah seorang Gubernur-Letnan Hindia Belanda yang juga suka berpetualang. Ia menjadi ketua ekspedisi saat Dr. James Arnold menemukan bunga yang satu ini. Jadi bunga ini pun dinamai dari gabungan nama mereka berdua sehingga menjadi Rafflesia Arnoldii. 

3. Bunga ini unik karena baunya yang busuk

Tak hanya unik karena memiliki ukuran yang sangat besar saja, bunga Rafflesia Arnoldii juga memiliki keunikan lain yaitu baunya yang busuk. Bau busuk yang dikeluarkan oleh bunga ini rupanya memiliki tujuan yaitu untuk menarik lalat karena bisa membantunya melakukan penyerbukan. 

Bunga Rafflesia Arnoldii ini gede banget! (dok. Alastair Robinson)
Bunga Rafflesia Arnoldii ini gede banget! (dok. Alastair Robinson)

4. Termasuk bunga langka karena tumbuhnya sangat lama dan hanya mekar sebentar saja

Salah satu keunikan lain dari bunga Rafflesia Arnoldii adalah tumbuhnya memakan waktu yang sangat lama hingga 9 bulan sampai 1 tahun. Namun, saat sudah mekar bunga ini hanya bertahan selama 5-7 hari saja sebelum akhirnya ia layu dan mati. Bunga ini juga termasuk tanaman parasit sehingga ia tak memiliki akar, daun dan juga tangkai lho Teens.

Itulah 4 fakta mengenai bunga Rafflesia Arnoldii yang hari ini dijadikan Google Doodle nih Teens, berikan pendapat kalian mengenai bunga bangkai yang satu ini ya. 

Last Editor : Sarah Christiani
loading...
Komentar
Signin/Signup

Selamat Datang di teen.co.id

Jika tidak dapat login/signup akun, silahkan kontak kami
Twitter: @teencoid, Facebook: TeenIndonesia, Email: teen@teen.co.id

Term & Condition