Ini Pengaruh AC Terhadap Kesehatan Kulit Serta Rambut Kita

Ini Pengaruh AC Terhadap Kesehatan Kulit Serta Rambut Kita

Clarissa Pangestu
Monday, 08 January 2018, 16:03:06 211 0
AC punya pengaruh pada kesehatan kulit dan rambut kita (dok. homeanddecor)
AC punya pengaruh pada kesehatan kulit dan rambut kita (dok. homeanddecor)

AC yang sering kita temui sehari-hari ternyata punya pengaruh tersendiri bagi kesehatan kulit serta rambut kita lho. Apa saja? 

Siapa di sini yang senang untuk berlama-lama di ruangan ber-AC? Wah, pasti mayoritas orang senang untuk tinggal atau menghabiskan waktu di ruangan dengan AC karena suhunya yang sejuk, apalagi kalau matahari di luar sedang terik-teriknya.

Tapi tahukah kamu bahwa AC memiliki dampak bagi kesehatan kulit dan rambut kita?

AC punya pengaruh terhadap kesehatan kulit (dok. Health Fitness)
AC punya pengaruh terhadap kesehatan kulit (dok. Health Fitness)

Coba sekarang perhatikan kulit dan rambut kalian, apakah kulit kalian kering da rambut kalian menjadi lebih kusam dan juga kering akhir-akhir ini? Hmmm, bisa jadi berlama-lama di ruang ber-AC adalah salah satu penyebabnya.

Hal ini terjadi bukan tanpa alasan ya Teens, melainkan karena AC memiliki siklus kerja untuk menarik uap air yang ada di udara dalam sebuah ruangan untuk dibawa keluar dan diganti dengan udara dingin/sejuk. Proses ini berdampak pada kelembapan dalam ruangan, dimana kelembapan menurun dan membuat kulit kamu mengering. Tidak hanya itu saja, paparan AC yang tanpa henti juga bisa memperparah kondisi permasalahan kulit seperti eksim atau psoriasis. Bahkan sebuah penelitan menyebutkan bahwa serat sintetis pada filter AC bisa menyebabkan iritasi kulit.

Nah, kondisi ini juga berpengaruh pada rambut kalian. Lama kelamaan rambut akan mengering dan mulai mengalami kerontokan. Kerontokan akan semakin parah kalau kamu hidup di lingkungan yang sangat berpolusi, cuaca ekstrim, dan/atau terpapar bahan kimia seperti misalnya mengecat rambut.

AC rupanya juga berpengaruh pada kesehatan rambut (dok. unsplash)
AC rupanya juga berpengaruh pada kesehatan rambut (dok. unsplash)

Untuk mengatasi hal ini, makanya sangat disarankan untuk mematikan AC selama beberapa jam setiap harinya dan sering-seringlah menghabiskan waktu di ruangan tanpa AC untuk tetap menjaga kesehatan kulit kalian. Selain itu jangan lupa untuk menggunakan lotion agar kelembapan kulit kalian terjaga, dan menggunakan conditioner untuk rambut guna menjaga kesehatan rambut kalian.

Setelah tahu apa pengaruh AC bagi kesehatan rambut dan kulit kalian, yakin masih mau pakai AC seharian nih, Teens? 


Komentar
Signin/Signup

Selamat Datang di teen.co.id

Jika tidak dapat login/signup akun, silahkan kontak kami
Twitter: @teencoid, Facebook: TeenIndonesia, Email: teen@teen.co.id

Term & Condition