5 Manfaat Bayam Untuk Kecantikan Kulit dan Rambutmu

5 Manfaat Bayam Untuk Kecantikan Kulit dan Rambutmu

Clarissa Pangestu
Thursday, 07 December 2017, 16:30:53 1477 0 0
Bayam baik untuk wajah dan rambut kalian, lho! (dok. unsplash)
Bayam baik untuk wajah dan rambut kalian, lho! (dok. unsplash)

Nggak hanya bikin tubuh kalian sehat, bayam ternyata juga punya manfaat untuk kecantikan kulit dan rambut. 

Bayam merupakan salah satu jenis sayuran yang paling mudah kalian temukan dan tentunya menjadi salah satu favorit banyak orang. Bayam ini termasuk dalam daftar  makanan yang sangat baik untuk kesehatan karena mengandung banyak nutrisi, seperti antioksidan, vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, serta banyak mineral. Selain itu bayam juga menjadi sumber zat besi yang sangat baik untuk dikonsumsi oleh kalian, para penderita darah rendah (anemia).

Nah, selain manfaat sayur ini yang sudah tidak perlu kamu ragukan lagi untuk menjaga kesehatan tubuhmu, ternyata bayam juga bisa menjadi salah satu alternatif untuk mendukung kecantikan kulit dan rambut kamu lho Teens! Bayam memiliki beberapa manfaat bagi kecantikan kulit dan rambut, diantaranya:

1. Menyembuhkan jerawat membandel

Sembuhkan jerawat dengan bayam (dok. Istimewa)
Sembuhkan jerawat dengan bayam (dok. Istimewa)

Permasalahan jerawat memang seperti tidak mengenal kata usai. Tidak jarang saat kita sudah menemukan produk atau perawatan yang cocok untuk mengatasi jerawat, tahu-tahu kulit menjadi kebal dan jerawat kembali lagi. Nah, bayam bisa menjadi salah satu solusi kamu untuk mengatasi jerawat. Vitamin A dan vitamin C yang terkandung di dalam bayam berfungsi sebagai antioksidan untuk menghentikan pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

Kamu bisa mengkonsumsi bayam segar dalam bentuk salad ataupun jus, atau kamu juga bisa membuat masker bayam. Caranya adalah dengan menghaluskan daun bayam yang sudah dibersihkan dengan sedikit air. Oleskan ke wajah yang sudah dibersihkan sebelumnya dan diamkan selama kurang lebih 20 menit.

Selain mengatasi jerawat, masker bayam juga akan mengangkat kotoran, minyak, dan juga mendinginkan kulit wajahmu.

2. Sebagai sunblock

Kandungan vitamin B pada bayam dapat melindungi kulit kamu dari sinar ultra violet yang berasal dari matahari, sehingga terhindar dari pengaruh buruk sinar matahari dan juga kanker kulit.

3. Sebagai anti-aging

Bayam mengandung banyak antioksidan yang mampu menghancurkan radikal bebas dalam tubuh kita. Nah, radikal bebas ini dapat merusak kulit dan menyebabkan penuaan dini yang tentunya menjadi salah satu hal yang paling dihindari oleh para kaum hawa, bukan? Dengan mengkonsumsi bayam secara teratur, maka proses penuaan dini akan terhambat.

Bayam punya banyak manfaat (dok. draxe)
Bayam punya banyak manfaat (dok. draxe)

4. Memperbaiki kondisi kulit

Vitamin A dan vitamin C yang cukup tinggi dalam bayam mampu memperbaiki kondisi kulit kalian yang mungkin selama ini kekurangan nutrisi. Vitamin A verguna untuk mencerahkan warna kulit, sedangkan vitamin C memiliki peranan penting dalam memperbaiki sel-sel di kulit kalian, Teens.

5. Meningkatkan pertumbuhan rambut

Bayam baik untuk rambut (dok. unsplash)
Bayam baik untuk rambut (dok. unsplash)

Untuk kalian yang memiliki permasalahan rambut yang tipis, bayam bisa jadi salah satu solusi dari permasalahan kalian. Kandungan vitamin B, vitamin C, vitamin E, kalium, kalsium, zat besi, magnesium, dan asam lemak omega-3 dalam bayam akan meningkatkan pertumbuhan rambut kamu. Zat besi dalam bayam juga akan membantu mengikat oksigen dalam sel darah merah untuk didistribusikan ke folikel rambut, sehingga batang rambut kamu ternutrisi dan menjadi kuat.

Nah, itu dia kebaikan dari bayam untuk kecantikan kulit dan rambut kalian! 

Komentar
Signin/Signup

Selamat Datang di teen.co.id

Jika tidak dapat login/signup akun, silahkan kontak kami
Twitter: @teencoid, Facebook: TeenIndonesia, Email: teen@teen.co.id

Term & Condition