Kembali ke Masa Perjuangan di Peringatan Hari Pahlawan di Kota Surabaya

Kembali ke Masa Perjuangan di Peringatan Hari Pahlawan di Kota Surabaya

Clarissa Pangestu
Friday, 10 November 2017, 15:00:17 171 0 0
Bung Tomo, salah satu pahlawan yang berjuang di Surabaya (dok. wikipedia)
Bung Tomo, salah satu pahlawan yang berjuang di Surabaya (dok. wikipedia)

Tanggal 10 November menjadi salah satu tanggal yang penting dan bersejarah bagi Indonesia karena diperingati sebagai Hari Pahlawan dan di Surabaya dirayakan dengan cara ini!

Walaupun sebenarnya peringatan Hari Pahlawan tidak seramai peringatan beberapa hari bersejarah lainnya, kota Surabaya selalu memberikan hari peringatan yang istimewa untuk mengingat kembali perjuangan para pahlawan Indonesia di masa lampau untuk merebut kemerdekaan dari tangan para penjajah.

Di kota kenangan yaitu Surabaya, diadakan sebuah acara bertajuk Parade Juang Surabaya 2017. Parade ini berlangsung tepat pada tanggal 5 November 2017 lalu dan diikuti oleh 300 orang peserta. Drama teatrikal dengan tema Sumpah Pregolan (Sumpah Merdeka Atau Mati) menjadi pembuka dari parade peringatan Hari Pahlawan yang berlangsung sejak pukul 8 pagi tersebut. Tidak hanya masyarakat Surabaya saja lho yang hadir untuk menyaksikan drama teatrikal tersebut, melainkan juga tamu undangan serta Walikota Surabaya yaitu Ibu Tri Rismaharini.

Rute dari Parade Juang Surabaya 2017 ini dimulai dari Tugu Pahlawan, menuju Viaduk, kemudian dilanjut sepanjang Jalan Tunjungan dengan terus menampilkan teatrikal Pertempuran Sumpah Pregolan, Perang Madiun, dan Perang TKR Laut. Setelah itu menuju Gedug Siola, dimana ibu Walikota yaitu Ibu Risma membacakan puisi. Kemudian rombongan parade terus berjalan menuju monument Bambu Runcing yang disertai dengan teatrikal Pridato Gubernur Suryo dan perang di depan Gedung Rahardi. Perjalanan rombongan parade masih berlanjut ke Monumen Perjuangan Polri dengan teatrikal perobekan bendera Jepang dan pengibaran bendera Merah Putih, serta pembacaan teks Proklamasi Polri, dan berakhir dengan menyusuri Sekolah Santa Maria menuju garis finish di Taman Bungkul.

Nah, parade ini sudah berlangsung di Surabaya sejak tahun 1997 dan memang sudah dijadikan sebagai salah satu tradisi tahunan dari masyarakat kota Surabaya. Hal ini tentu saja untuk mengenang jasa para pahlawan dan juga mengingatkan kita kembali seperti apa perjuangan para leluhur kita untuk memerdekakan Indonesia sampai akhirnya kita bisa hidup tanpa berada dibawah injakan bangsa lain seperti sekarang.

Kalau di daerah tempat tinggal kalian ada peringatan Hari Pahlawan seperti yang dilakukan di Surabaya, Teens?

 

Komentar
Signin/Signup

Selamat Datang di teen.co.id

Jika tidak dapat login/signup akun, silahkan kontak kami
Twitter: @teencoid, Facebook: TeenIndonesia, Email: teen@teen.co.id

Term & Condition