Bintik Putih yang Terdapat pada Kuku, Apa Sih Itu?

Bintik Putih yang Terdapat pada Kuku, Apa Sih Itu?

Akbar Hari Mukti
Monday, 10 October 2016, 12:40:28 673 0

Setiap orang memiliki perlakuan serta kebiasaan berbeda untuk kukunya. Ada yang rajin merawatnya di salon, dan ada juga yang membiarkannya panjang hingga beberapa meter untuk memecahkan rekor dunia. Namun, terdapat hal yang menarik dari sebuah kuku manusia. Apa itu?

Terkadang pada sebuah kuku jari, terdapat satu atau beberapa buah bintik kecil berwarna putih. Bintik berwarna putih itu pada dasarnya muncul secara tiba-tiba. Kamu tidak akan merasakan sakit saat mendapatkannya. Mungkin saat kecil, bintik kecil yang tiba-tiba hadir itu seringkali disebut menandakan bahwa si pemilik sedang disukai oleh seseorang. Namun, banyak orang yang tidak tahu secara pasti apa sih bintik putih yang ada di kuku itu. mari kita bahas di bawah ini.

Menurut saluran sciShow yang ada pada jejaring YouTube, bintik kecil yang mempunyai warna putih ini adalah Punctate Leokonychia. Bintik ini datang secara tiba-tiba pada dasarnya diakibatkan karena kuku sedang mengalami trauma. Perlu diketahui bahwa jika kukumu secara tidak sengaja berbenturan dengan objek lain yang keras, maka kuku kamu dapat mengalami trauma. Namun, sebagian orang akan lupa dengan benturan tersebut.

Selain karena alasan trauma kuku, bintik kecil yang berwarna putih ini juga dapat disebabkan karena sebuah infeksi jamur pada kuku. Saat sel-sel didalam tubuhmu sedang melawan kuman-kuman dan juga infeksi pada kuku, maka sel tersebut akan menggunakan banyak energi. Bintik kecil yang berwarna putih ini menjadi salah satu fase dimana sel-sel tersebut telah menang melawan kuman dan juga infeksi pada kuku tersebut.

Namun, kamu tidak perlu khawatir. Jika kamu mendapatkan bintik kecil yang berwarna putih tersebut, biasanya bintik itu tidak akan bertahan dengan terlalu lama. Dalam waktu 5 hari hingga seminggu, biasanya bintik kecil tersebut akan menghilang dengan sendirinya. Kamu juga tidak perlu takut infeksi yang ada pada kuku tersebut akan membuat kuku kamu busuk. Sel-sel yang ada dalam tubuh akan bekerja sekuat tenaga agar kukumu akan baik baik saja.

Last Editor : Khairiyah Sartika
loading...
Komentar
Signin/Signup

Selamat Datang di teen.co.id

Jika tidak dapat login/signup akun, silahkan kontak kami
Twitter: @teencoid, Facebook: TeenIndonesia, Email: teen@teen.co.id

Term & Condition