Masih Tertarik Mencoba Sampel Kosmetik di Toko setelah Membaca Ini?

Masih Tertarik Mencoba Sampel Kosmetik di Toko setelah Membaca Ini?

Ema Aprilisa
Thursday, 09 November 2017, 12:30:34 419 0 0
Apakah kamu termasuk yang sering mencoba sampel makeup di toko? (dok. The Krazy Coupon Lady)
Apakah kamu termasuk yang sering mencoba sampel makeup di toko? (dok. The Krazy Coupon Lady)

Saat membeli kosmetik, tentu wajar jika kita ingin mencobanya terlebih dahulu. Entah untuk mencocokkan dengan warna kulit atau mengetes ketahannya. Tapi kita sekarang harus mulai berhati-hati nih, Teens.

Seorang wanita asal California mengklaim terkena herpes setelah mencoba sampel lipstik di salah satu pusat penjualan kosmetik yang cabangnya tersebar di seluruh dunia.

Retailer produk kosmetik dan kecantikan tersebut mengakui kalau peristiwa yang terjadi di 2015 itu kini membuat mereka harus berurusan dengan hukum. Kasus sampel kosmetik yang menyebabkan tersebarnya penyakit herpes ini baru dibawa ke pengadilan akhir Oktober 2017.

Gimana Teens pendapat kalian soal sampel makeup di toko? (dok. The Cuff)
Gimana Teens pendapat kalian soal sampel makeup di toko? (dok. The Cuff)

Kasus ini bisa jadi sebuah peringatan untuk kita, terutama cewek yang suka mencoba kosmetik. Amreen Bashir, pengajar Biomedis di Aston University, menjelaskan kalau penularan herpes dan beberapa penyakit lain memang mungkin terjadi lewat pemakaian kosmetik yang bergantian.

Kebanyakan produk kosmetik memang mengandung bahan pengawet yang bisa memperlambat pertumbuhan kuman. Tapi kontaminasi tetap bisa terjadi kalau produk itu terkena barang-barang yang tidak bersih, digunakan oleh orang yang memiliki infeksi atau menderita penyakit menular tertentu, atau jika produk itu disimpan dengan tidak benar.

Untuk menghindari penularan penyakit dari kosmetik, sebaiknya kita menghindari pakai kosmetik bergantian. Terutama kosmetik yang ada di toko dan digunakan banyak orang. Jika harus mencoba sampel produk, sebaiknya kita membawa spons atau kuas sendiri.

Jika ingin mencoba lipstik, bersihkan dahulu permukaannya dengan tisu. Meskipun tidak dapat menjamin produk tersebut benar-benar sudah bersih dari kuman, setidaknya bisa mengurangi risiko tertular penyakit. Agar lebih aman, sebaiknya cukup coba di punggung tangan saja ya, Teens.

Komentar
Signin/Signup

Selamat Datang di teen.co.id

Jika tidak dapat login/signup akun, silahkan kontak kami
Twitter: @teencoid, Facebook: TeenIndonesia, Email: teen@teen.co.id

Term & Condition