Senyum Itu Menular, Benar Nggak Sih?

Senyum Itu Menular, Benar Nggak Sih?

Ema Aprilisa
Friday, 13 October 2017, 17:30:03 277 0 0
Benar nggak sih senyum itu menular? (dok. unsplash)
Benar nggak sih senyum itu menular? (dok. unsplash)

Mau bahagia tiap hari? Tak butuh barang mahal, uang, pacar cantik atau tampan, Teens. Karena jika kita mengawali hari dengan senyum, maka kita akan jadi lebih bahagia. Senyum terbukti berpengaruh terhadap cara kerja otak. Pusat saraf kita secara alami mengaktifkan bagian yang mengatur emosi manusia dan rasa kebahagiaan saat tersenyum.

Nah, penjelasan panjangnya secar ilmiah nih Teens, senyum itu mengaktifkan pelepasan neuropeptida, yakni molekul kecil yang menjadi alat komunikasi antar sel saraf. Molekul kecil ini menyampaikan informasi tertentu yang menghilangkan stres. Lewat neuropeptida tersebut, semua organ tubuh akan tahu jika terjadi perubahan suasana hati.

Tersenyum juga memicu pelepasan hormon dopamin, serotonin, serta endorfin yang mengakibatkan denyut jantung menurun, tubuh menjadi rileks, dan menurunkan tekanan darah.

Selalu ada alasan untuk senyum Teens, yuk senyum! (dok. unsplash)
Selalu ada alasan untuk senyum Teens, yuk senyum! (dok. unsplash)

Selain itu, endorfin juga dikenal sebagai pereda nyeri alami bagi tubuh. Kalau hormon serotonin, selain bikin bahagia, hormon ini juga berfungsi sebagai obat anti depresan yang ampuh mengobati stres dan depresi.

Tak hanya membuat kita bahagia. Senyum ternyata menular loh, Teens. Saat melihat seseorang tersenyum kita cenderung akan ikut tersenyum. Ternyata fenomena ini terjadi karena saat melihat orang lain tersenyum, kita jadi merasa terhubung dengan orang tersebut.

Senyum juga menular akibat rangsangan saraf yang otomatis muncul ketika melihat orang lain tersenyum. Jadi, siap menularkan kebahagiaan lewat senyuman hari ini?

Komentar
Signin/Signup

Selamat Datang di teen.co.id

Jika tidak dapat login/signup akun, silahkan kontak kami
Twitter: @teencoid, Facebook: TeenIndonesia, Email: teen@teen.co.id

Term & Condition