Iklan Dove Dikritik Karena Dianggap Rasis, Ternyata Tanggapan Modelnya Malah Sebaliknya

Iklan Dove Dikritik Karena Dianggap Rasis, Ternyata Tanggapan Modelnya Malah Sebaliknya

trias ismi
Thursday, 12 October 2017, 19:00:20 313 0 0
Iklan Dove dianggap rasis, namun sang model berpendapat seperti ini... (dok. YouTube)
Iklan Dove dianggap rasis, namun sang model berpendapat seperti ini... (dok. YouTube)

Baru-baru ini pengguna media sosial sedang ramai membicarakan sebuah iklan baru dari Dove yang dianggap rasis, tapi ternyata hal itu cukup berbeda dengan tanggapan sang model, Lola Ogunyemi.

Sebelumnya Dove merilis iklan sabun mandi terbarunya di Facebook dan rupanya iklan itu menuai banyak komentar pedas. Hal itu dikarenakan ada potongan adegan yang memperlihatkan seorang wanita kulit hitam yang tiba-tiba membuka bajunya dan langsung menjadi wanita kulit putih.

Hal itu pun membuat banyak netizen berang karena mereka menganggap Dove rasis dengan wanita yang memiliki warna kulit hitam. Mereka menganggap Dove tidak menghargai standar kecantikan wanita kulit hitam.

Hal itu pun membuat pihak Dove akhirnya turun tangan dan membuat pernyataan maaf kepada publik. Lewat akun Twitternya Dove mengaku meminta maaf dan sebenarnya ada kesalahan dalam memahami iklan tersebut.

Permintaan maaf Dove di Twitter (dok. Twitter @dove)
Permintaan maaf Dove di Twitter (dok. Twitter @dove)

"Baru-baru ini sebuah gambar kita posting di Facebook dan rupanya ada kesalahan dalam merepresentasikan wanita dengan warna yang berbeda. Kami menyesal dengan terjadinya kesalahan yang ditimbulkan," tulis Dove.

Meskipun sudah meminta maaf tapi masih banyak pihak yang tak bisa memaafkan Dove karena iklan tersebut. Bahkan mereka pun ingin memboikot produk-produk dari Dove.

Meskipun Dove menerima banyak kritikan tapi ternyata hal itu berbeda dengan tanggapan dari model wanita yang berkulit hitam di iklan Dove yang bernama Lola Ogunyemi.

Meskipun banyak orang berpikiran bahwa Dove rasis tapi rupanya Lola Ogunyemi tak menganggap bahwa hal itu adalah rasis dan ia menjadi korbannya.

Ia malah merasa iklan Dove sebenarnya memiliki pesan yang baik tapi orang-orang salah merepresentasikannya. Hal itu dikarenakan orang-orang hanya percaya dari penggalan foto yang diambil dari bagian iklan dan salah mengartikannya.

"Aku telah melihat foto-foto yang beredar di web telah disalahartikan. Mengingat bahwa fakta Dove telah menghadapi kritikan di masa lalu karena isu yang sama. Hal itu hanya dikarenakan kurangnya kepercayaan dan publik dibenarkan hanya karena kemarahan mereka," penggalan isi surat Lola Ogunyemi kepada The Guardian.

Ia juga mengatakan bahwa saat syuting iklan sabun mandi tersebut suasananya sangat baik. Pihak Dove juga memiliki konsep yang bagus yaitu ingin menonjolkan kecantikan dari para wanita yang memiliki bermacam-macam warna kulit.

Gara-gara foto ini banyak orang mengira jika iklan Dove rasis (dok. Twitter @naythemua)
Gara-gara foto ini banyak orang mengira jika iklan Dove rasis (dok. Twitter @naythemua)

Saat adegan para wanita membuka baju dan berubah menjadi wanita dengan warna kulit yang lain sebenarnya hal itu bukanlah seperti yang dianggap para netizen rasis. Sebenarnya hal itu dilakukan oleh banyak model mulai dari wanita kulit hitam, wanita kulit putih dan juga wanita dengan kulit cokelat seperti dari Timur Tengah.

Jadi netizen salah mengerti karena sebenarnya iklan itu tidak rasis karena tidak mengubah Lola Ogunyemi dari wanita berkulit hitam menjadi seorang wanita berkulit putih nih Teens. Pasalnya sebenarnya dalam video iklan itu ada banyak cewek yang sama-sama mengangkat baju dan berubah menjadi wanita dengan warna kulit yang berbeda.

Jadi tanggapan kalian seperti apa nih Teens mengenai iklan Dove yang dianggap rasis tapi ternyata hal itu dianggap berbeda oleh modelnya?

Komentar
Signin/Signup

Selamat Datang di teen.co.id

Jika tidak dapat login/signup akun, silahkan kontak kami
Twitter: @teencoid, Facebook: TeenIndonesia, Email: teen@teen.co.id

Term & Condition