Susu Kecoak Disebut Sebagai Superfood oleh Ilmuwan? Ternyata Ini Alasannya!

trias ismi
Thursday, 12 October 2017, 14:04:44 4021 0 0
Susu kecoak dibilang superfood, mau coba? (dok. YouTube)

Jika sebelumnya kita hanya mengenal susu sapi atau susu kambing yang kaya akan manfaat baik bagi tubuh, rupanya saat ini banyak ilmuwan yang mengklaim bahwa susu kecoak juga termasuk superfood yang punya banyak manfaat.

Saat mendengar kata kecoak pastinya kalian sudah merasa jijik karena biasanya hewan yang satu ini ditemukan di kamar mandi. Namun, ternyata ada jenis kecoak tertentu yang bisa menghasilkan susu yang kaya akan manfaat lho Teens.

Jenis kecoak Diploptera punctata disebut para ilmuwan memiliki susu yang kandungannya empat kali lebih bergizi dari susu sapi. Hal itu pun membuat para ilmuwan berpikiran jika di masa depan susu kecoak bisa menjadi superfood yang kaya manfaat.

Seperti yang dilaporkan oleh Science Alert, tak semua kecoak menghasilkan susu. Hanya jenis Diploptera punctate saja karena kecoak jenis itu saat melahirkan akan memberi makan bayinya dengan semacam kristal protein.

Tim ilmuwan internasional yang dipimpin oleh peneliti dari Institute of Stem Cell Biology and Regenerative Medicine di India memutuskan untuk mengurutkan gen yang bertanggung jawab untuk memproduksi kristal protein susu agar bisa mereplikanya di lab.

"Kristal itu seperti makanan lengkap karena memiliki protein, lemak dan gula. Jika dilihat ke dalam rangkaian protein, kristal itu memiliki semua asam amino esensial," ucap salah satu tim ilmuwan, Sanchari Banerjee kepada Times of India.

Mulai dari nutrisi, kalori dan protein yang dikandung dalam susu kecoak sangatlah baik dan pas. Bahkan para ilmuwan menyatakan jika susu kecoak bisa menjadi suplemen protein yang fantastis.

Kecoak ini bisa menghasilkan susu (dok. blattaria)

Sampai saat ini tim ilmuwan itu pun masih melakukan sejumlah riset agar bisa mengambil kristal susu dengan jumlah yang besar. Mereka juga akan memprosesnya agar nantinya bisa aman dikonsumsi oleh manusia.

Menurut kalian seperti apa nih Teens mengenai susu kecoak yang digadang-gadang akan menjadi superfood di masa depan tersebut?

Komentar