Kehujanan Bisa Bikin Sakit, Mitos atau Fakta?

Kehujanan Bisa Bikin Sakit, Mitos atau Fakta?

Ema Aprilisa
Wednesday, 11 October 2017, 17:38:01 91 0 0
Ilustrasi hujan (dok. unsplash)
Ilustrasi hujan (dok. unsplash)

Kita selalu berpikir bahwa kehujanan bisa bikin kita sakit. Sebenarnya hal itu mitos atau fakta sih? 

Saat musim hujan datang, tubuh kita biasanya akan jadi rentan sakit. Perubahan cuaca dari panas menjadi dingin saat hujan mengguyur, bisa jadi salah satu penyebabnya. Banyak juga yang yakin kalau kehujanan bisa menyebabkan sakit, dari flu, pusing, masuk angin, sampai diare. Kepercayaan ini tak lepas dari kenyataan kalau memang ada banyak orang yang sakit setelah kehujanan.

Jadi, benarkah hujan bisa menyebabkan penyakit?

Ternyata ini ada hubungannya, Teens. Saat kehujanan, tubuh kita yang kedinginan akan mengeluarkan energi untuk menjaga suhu tubuh agar tetap stabil. Pengeluaran energi secara berlebihan ini akan memperparah daya tahan tubuh sedang lemah saat perubahan suhu tubuh yang terlalu drastis. Rendahnya daya tahan tubuh ini akan membuat virus dan bakteri lebih leluasa menyerang.

Ilustrasi hujan (dok. unsplash)
Ilustrasi hujan (dok. unsplash)

Kehujanan saja sejatinya tidak akan membuat kita sakit. Apalagi jika daya tahan tubuh dalam kondisi baik. Untuk mencegah agar tidak jatuh sakit setelah berhujan-hujan, hal pertama yang bisa kita lakukan adalah mengeringkan tubuh. Setelah tubuh kering dan hangat, meminum jahe dan madu yang diseduh dengan air hangat akan membantu menormalkan suhu tubuh. Bahan-bahan tersebut juga bisa memperkuat sistem imun kita sehingga tak mudah sakit.

Jangan lupa pula untuk menjaga asupan makanan ketika musim hujan. Jika tubuh tidak kekurangan asupan nutrisi dari sayur, buah, dan protein esensial, dijamin kita tidak akan mudah sakit mesti habis kehujanan, Teens!

Komentar
Signin/Signup

Selamat Datang di teen.co.id

Jika tidak dapat login/signup akun, silahkan kontak kami
Twitter: @teencoid, Facebook: TeenIndonesia, Email: teen@teen.co.id

Term & Condition