Sering Sakit Saat Pergi Liburan? Ternyata Ini Alasannya...

Sering Sakit Saat Pergi Liburan? Ternyata Ini Alasannya...

Ema Aprilisa
Wednesday, 11 October 2017, 15:05:12 270 0 0
Ilustrasi pergi liburan (dok. unsplash)
Ilustrasi pergi liburan (dok. unsplash)

Perasaan bahagia saat berlibur bisa hanya sesaat, karena kadang saat liburan kita malah jatuh sakit. Bahkan tak jarang di tengah-tengah perjalanan, badan kita sudah tidak bisa diajak kompromi. Kepala mulai pusing, hidung mampet, demam, atau malah lemas sehingga tak bisa beranjak dari tempat tidur.

Kondisi badan yang memburuk saat liburan ini konon karena tubuh kita merasa stres dan terlalu capek. Hal itu mungkin terjadi saat terbang dengan pesawat, stres saat mengatur barang-barang atau persiapan keberangkatan, hingga tinggal di tempat yang asing seperti hotel atau kota yang benar-benar berbeda dengan keseharian kita. Apalagi kita cenderung kurang tidur saat liburan. Kombinasi kondisi-kondisi tersebut yang membuat tubuh mudah sakit.

Selain itu, saat berlibur kita biasanya sering berada di tempat umum dan berbaur dengan banyak orang. Baik itu saat berada di kendaraan umum atau di tempat wisata. Tempat yang padat manusia jadi tempat terbaik bagi kuman untuk menyebar dan berkembang biak. Apalagi banyak penyakit yang dengan mudah menular lewat hembusan napas. Jika kita berada dalam jarak kurang dari dua meter dari sumber penular, maka risiko untuk tertular suatu penyakit akan lebih mudah.

Berbaur dengan banyak orang di tempat wisata bisa membuat kamu tertular penyakit (dok. sorasarah)
Berbaur dengan banyak orang di tempat wisata bisa membuat kamu tertular penyakit (dok. sorasarah)

Lantas bagaimana caranya agar tidak mudah sakit saat liburan? Pastinya, tubuh kalian harus dalam keadaan fit. Selalu sedia obat-obatan ringan dan vitamin ya, Teens. Setelah minum kopi, teh, soda, kita harus menggelontor tubuh dengan air putih yang lebih banyak. Selain untuk menghindari dehidrasi, cukup minum air putih juga penting untuk daya tahan tubuh. Mengonsumsi makanan yang bergizi juga merupakan cara jitu agar tak mudah sakit saat berlibur. Jangan lupakan buah dan sayur, meskipun banyak jajanan yang menggoda selera di tempat berliburmu, ya. 

Nah, dengan kondisi tubuh yang baik dan melakukan cara-cara di atas, kamu pun akan terhindar dari jatuh sakit saat pergi liburan. 

Komentar
Signin/Signup

Selamat Datang di teen.co.id

Jika tidak dapat login/signup akun, silahkan kontak kami
Twitter: @teencoid, Facebook: TeenIndonesia, Email: teen@teen.co.id

Term & Condition