Nggak Disangka Ternyata Gula Bisa Membuat Kita Kecanduan Lho!

Nggak Disangka Ternyata Gula Bisa Membuat Kita Kecanduan Lho!

trias ismi
Wednesday, 11 October 2017, 12:30:11 226 0 0
Makanan manis mengandung gula (dok. unsplash)
Makanan manis mengandung gula (dok. unsplash)

Makanan manis bisa membuat kita tersenyum dan ketagihan saat memakannya, namun ternyata telah dibuktikan memang gula bisa membuat kita kecanduan lho Teens.

Dalam sebuah studi yang dipublikasikan dalam British Journal of Sports Medicine yang menyebutkan bahwa gula bisa menyebabkan efek kecanduan pada kita. Hal itu terbukti dari keinginan kita untuk terus-menerus makan makanan manis dan mengonsumsi gula.

Makanan manis memang selama ini menjadi favorit bagi banyak orang karena bisa membuat kita memiliki mood yang baik dan menjadi bahagia. Meski begitu gula juga bisa meningkatkan risiko terkena tekanan darah tinggi hingga terkena diabetes tipe 2.

Ilustrasi makanan manis (dok. unsplash)
Ilustrasi makanan manis (dok. unsplash)

"Saat mengonsumsi gula bisa menghasilkan efek mirip seperti kita mengonsumsi kokain yaitu bisa mengubah mood dan memiliki rasa senang sehingga hal itu membuat seseorang terus mencari gula," tulis para ahli dalam jurnal tersebut.

Menurut salah satu ilmuwan yang tergabung dalam studi tersebut, James DiNicolantonio juga menyebutkan jika seseorang sudah mengalami kecanduan dengan gula maka hal itu bisa menyebabkan beberapa hal seperti menjadi hiperaktif hingga depresi.

Selain itu saat gula diberikan pada hewan maka bisa memiliki efek kecanduan yang lebih parah dari kokain dan bisa merusak kesehatan.

"Pada hewan, (gula) ternyata lebih adiktif daripada kokain. Jadi bisa kubilang jika gula menjadi senyawa yang adiktif yang paling banyak dikonsumsi di dunia dan bisa merusak kesehatan kita," ucap James DiNicolantonio kepada The Guardian.

Mengonsumsi makanan manis memang sangat enak dan bisa membuat kita bahagia. Namun, jika kalian mengonsumsinya terlalu banyak memang bisa membuat kita lebih berisiko terkena banyak penyakit.

Jadi sebaiknya kita mengonsumsi gula dengan batas yang normal agar terhindar dari penyakit dan juga kecanduan dari gula ya Teens.

Komentar
Signin/Signup

Selamat Datang di teen.co.id

Jika tidak dapat login/signup akun, silahkan kontak kami
Twitter: @teencoid, Facebook: TeenIndonesia, Email: teen@teen.co.id

Term & Condition