Gokil! Lem Ini Bisa Mengobati Luka Nggak Sampai 1 Menit

Gokil! Lem Ini Bisa Mengobati Luka Nggak Sampai 1 Menit

Ema Aprilisa
Tuesday, 10 October 2017, 18:30:35 203 0 1
Lem ini bisa mengobati bekas luka dalam hitungan detik! (dok. The Engineer)
Lem ini bisa mengobati bekas luka dalam hitungan detik! (dok. The Engineer)

Kebayang kan sakitnya dijahit saat tubuh kita ada luka? Syukurlah, saat ini ilmuwan telah menemukan inovasi pengobatan luka pada tubuh pasien.

Temuan terbaru itu adalah lem yang bisa menutup luka pada tubuh dalam waktu satu menit saja. Dengan lem tersebut, luka atau bekas pembedahan yang tak terlalu besar cukup ditutup menggunakan lem.

Lem temuan baru tersebut diyakini mampu menutup luka dalam 1 menit. Penemunya menjelaskan kalau lem pintar itu berbentuk gel, terbuat dari molekul kimia bernama methacryloyl-substituted tropoelastin (MeTro) yang bersifat seperti protein elastis hibrida.

Punya bekas luka yang pengen diobatin? (dok. BBC)
Punya bekas luka yang pengen diobatin? (dok. BBC)

Lem yang cara kerjanya memanfaatkan prinsip seperti enzim ini bisa menyesuaikan cara kerjanya dengan bermacam-macam jenis luka. Lem ini bisa disemprotkan pada luka internal maupun eksternal, kemudian bisa membuat luka tertutup sehingga mempercepat penyembuhan.

Tim penemunya mengklaim kalau lem MeTro ini bisa menyembuhkan luka dengan kecepatan satu setengah kali lebih cepat dibanding luka dengan jahitan. Keunggulan lainnya dari lem ini adalah akan langsung mengeras saat melakukan kontak dengan permukaan jaringan atau kulit tubuh.

Meski baru diujicobakan pada hewan, lem tersebut diyakini aman untuk manusia. Bahannya tidak beracun, tidak berbahaya, dan tidak menimbulkan infeksi pada tubuh. Dalam situasi darurat, lem ini bahkan bisa meutup luka pada organ tubuh seperti luka tusukan pada paru-paru atau jantung.

Kesuksesan pengujian kerja lem ini diyakini akan membuat lem MeTro bisa dikembangkan sebagai produk komersial dan menjadi masa depan dunia kedokteran.

Komentar
Signin/Signup

Selamat Datang di teen.co.id

Jika tidak dapat login/signup akun, silahkan kontak kami
Twitter: @teencoid, Facebook: TeenIndonesia, Email: teen@teen.co.id

Term & Condition