Mengapa Ada Hari Kesehatan Jiwa Sedunia yang Diperingati Setiap 10 Oktober?

Mengapa Ada Hari Kesehatan Jiwa Sedunia yang Diperingati Setiap 10 Oktober?

Ema Aprilisa
Tuesday, 10 October 2017, 12:00:25 175 0 0
10 Oktober diperingati sebagai Hari Kesehata Jiwa Sedunia, Teens! (dok. unsplash)
10 Oktober diperingati sebagai Hari Kesehata Jiwa Sedunia, Teens! (dok. unsplash)

Tahu nggak, Teens, ada yang spesial hari ini. Setiap tanggal 10 Oktober, dunia bersama-sama memperingati Hari Kesehatan Jiwa Sedunia.

Hari ini dicanangkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia milik PBB, World Health Organization (WHO), untuk meningkatkan kesadaran tentang nyatanya ancaman kesehatan mental dan meningkatkan usaha mendukung perbaikan kesehatan mental penduduk dunia.

Sebagai remaja, kita tidak bisa tutup kuping dengan isu global ini. Ingat dengan Hannah di serial televisi 13 Reasons Why yang diproduseri oleh Selena Gomez? Serial ini dianggap mampu menangkap fenomena keseharian remaja, yang sayangnya tak selalu manis dan berlangsung mulus bagi semua orang.

Kesehatan mental merupakan isu penting Teens, jangan dipandang sebelah mata (dok. unsplash)
Kesehatan mental merupakan isu penting Teens, jangan dipandang sebelah mata (dok. unsplash)

Kejadian-kejadian ekstrim akibat gangguan kondisi mental, tak jauh dari kehidupan kita. Kondisi seperti depresi, kegelisahan, perubahan suasana hati, dan stres, banyak kita temui pada remaja. Apalagi dengan tekanan dan tuntutan hidup yang semakin berat. Gangguan jiwa tersebut tidak hanya berdampak pada keseharian kita, namun juga bisa menghancurkan kehidupan sosial dan pribadi kita.

Menurut WHO, ada 300 juta orang di seluruh dunia yang menderita depresi. Selain itu, ada lebih dari 260 juta orang hidup dengan gangguan kecemasan. Meskipun zaman semakin modern, penanganan terhadap gangguan mental ternyata masih rendah, Teens. Masih banyak orang yang mengabaikan pentingnya mempertahankan dan menyembuhkan kesehatan jiwa dibandingkan dengan kesehatan fisik.

Kalau di Indonesia, Hari Kesehatan Jiwa Sedunia baru mulai ditetapkan pada tahun 1993. Misinya saat pertama pencanangan Hari Kesehatan Jiwa di Indonesia adalah untuk menghormati hak Orang dengan Masalah Kejiwaan (ODMK). Selain itu, memperluas program pencegahan masalah kesehatan jiwa dan meningkatkan akses dan pelayanan kesehatan jiwa untuk semua orang.

Misi luar biasa itu masih terus diusahahan dengan keras hingga hari ini. Salah satunya melalui peringatan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia setiap 10 Oktober, Teens!

Komentar
Signin/Signup

Selamat Datang di teen.co.id

Jika tidak dapat login/signup akun, silahkan kontak kami
Twitter: @teencoid, Facebook: TeenIndonesia, Email: teen@teen.co.id

Term & Condition