Roti Croissant Perancis Bentuknya Kayak Bulan Sabit, Ini Asal-Usulnya!

Roti Croissant Perancis Bentuknya Kayak Bulan Sabit, Ini Asal-Usulnya!

tiara susma
Monday, 09 October 2017, 16:30:19 167 0 0
Roti croissant berbentuk bulan sabit, apa ceritanya? (dok. unsplash)
Roti croissant berbentuk bulan sabit, apa ceritanya? (dok. unsplash)

Kalian tentu tidak asing lagi dengan roti croissant asal Perancis yang memiliki bentuk seperti bulan sabit. Roti croissant memang mudah ditemui baik itu di toko-toko roti atau coffee shop. Namun, pernahkan kamu terpikir mengapa roti croissant memiliki bentuk layaknya bulan sabit?

Pada dasarnya roti Croissant sendiri adalah kuliner khas Perancis. Roti jenis Croissant ini telah menjadi menu harian warga disana.

Lalu bagaimana sejarah atau asal-usul bentuk roti ini?

Seperti dilansir Reader's Digest dari ensiklopedi Larousse Gastronomique, roti Croissant muncul ketika perang Buda atau sekarang lebih dikenal dengan nama Budapest, Hungaria. Perang tersebut terjadi pada tahun 1686 dimana tentara kekaisaran Ottoman Turki sedang berusaha merebut kota Buda dengan menggali terowongan di bawah kota tersebut.

Singkat cerita, para pembuat roti sering mendengar suara penggalian tanah yang dilakukan oleh tentara kekaisaran Ottoman. Para pembuat roti itu pun mencoba mengagalkan usaha tentara kekaisaran Ottoman tersebut.

Setelah mereka berhasil menggagalkannya, para pembuat roti tersebut merayakannya dengan membuat roti croissant. Roti croissant ini dibuat berdasarkan lambang kekaisaran Ottoman Turki yaitu bulan sabit.

Namun, hingga sekarang masih belum diketahui bagaimana roti Croissant yang berbentuk bulan sabit ini sampai ke Perancis dan menjadi roti khas negara tersebut.

Komentar
Signin/Signup

Selamat Datang di teen.co.id

Jika tidak dapat login/signup akun, silahkan kontak kami
Twitter: @teencoid, Facebook: TeenIndonesia, Email: teen@teen.co.id

Term & Condition