Kecelakaan Lalu Lintas Paling Sering Disebabkah oleh Remaja? Hmm, Ini Fakta Sebenarnya...

Kecelakaan Lalu Lintas Paling Sering Disebabkah oleh Remaja? Hmm, Ini Fakta Sebenarnya...

Ema Aprilisa
Tuesday, 10 October 2017, 06:00:07 318 0 0
Benarkah remaja biang kecelakaan lalu lintas paling banyak? (dok. unsplash)
Benarkah remaja biang kecelakaan lalu lintas paling banyak? (dok. unsplash)

Pergi ke sekolah, tempat les, atau hang out dengan kendaraan pribadi masih jadi pilihan untuk sebagian besar remaja Indonesia. Alasannya, mungkin alat transportasi umum yang masih belum nyaman atau malah tidak menjangkau tempat tinggal kita.

Selain menggunakan mobil untuk bepergian, dengan jalanan yang makin macet di mana-mana, beberapa dari kita tentu akan memilih bersepeda motor saat bepergian. Termasuk untuk pergi ke sekolah.

Kalau kamu salah satu orang yang memilih menggunakan alat transportasi pribadi, apalagi menyetir sendiri, sebaiknya lebih waspada ya, Teens. Karena ternyata menurut Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri, dari Januari hingga Mei 2017, kecelakaan lalu lintas di Indonesia yang melibatkan para pengendara pemula yang rata-rata masih bersekolah, jumlahnya masih cukup tinggi.

Yuk, patuhi aturan lalu lintas demi keselamatan diri dan orang lain Teens (dok. unsplash)
Yuk, patuhi aturan lalu lintas demi keselamatan diri dan orang lain Teens (dok. unsplash)

Sebanyak 37.204 kejadian kecelakaan lalu lintas dengan korban meninggal dunia sebanyak 9.034 jiwa, korban luka berat sebanyak 6.357 orang, dan korban luka ringan sebanyak 44.157 orang.

Fakta lain yang mengejutkan adalah jumlah kecelakaan lalu lintas banyak terjadi saat waktu berangkat dan pulang sekolah. Antara pukul 06:00 sampai 11:59 yaitu sebanyak 11.976 kecelakaan dan 12:00 sampai 17:59 sebanyak 11.626 kejadian kecelakaan.

Usia korban kecelakaan juga termasuk pengendara dalam usia sekolah, Teens. Yakni paling banyak berusia 15 sampai 19 tahun sebanyak 8.880 jiwa dan usia 20 sampai 24 tahun sebanyak 8.404 jiwa.

Sebanyak 24.023 orang pelajar atau mahasiswa yang mengalami kecelakaan pada jangka waktu tiga bulan tersebut. Jika dilihat berdasarkan pendidikan korban, pelajar SLTA sederajat yang menjadi korban kecelakaan adalah 48.533 jiwa, sedangkan untuk SLTP sederajat sebanyak 10.652 jiwa.

Tingginya angka kecelakaan lalu lintas pada remaja ini dicurigai karena kurang patuh pada peraturan berlalu lintas dan etika berkendara yang kurang baik. Agar tak jadi korban kejadian serupa, sebaiknya kita mulai belajar dewasa dalam berlalu lintas.

Kalau belum cukup umur untuk mendapatkan Surat Izin Mengemudi atau SIM, sebaiknya kita juga tidak memaksakan diri untuk menyetir ya, Teens.

Komentar
Signin/Signup

Selamat Datang di teen.co.id

Jika tidak dapat login/signup akun, silahkan kontak kami
Twitter: @teencoid, Facebook: TeenIndonesia, Email: teen@teen.co.id

Term & Condition