Belanja Online Berdasarkan Popularitas, Bukan Kualitas? Hmm...

Belanja Online Berdasarkan Popularitas, Bukan Kualitas? Hmm...

Ema Aprilisa
Tuesday, 10 October 2017, 18:00:33 121 0 1
Saat berbelanja online, apakah kamu menilai barang dari popularitas atau kualitas? (dok. orahq)
Saat berbelanja online, apakah kamu menilai barang dari popularitas atau kualitas? (dok. orahq)

Jika terbiasa berbelanja online melalui aplikasi atau software yang disediakan oleh e-commerce atau situs jual beli online, tentu familiar dengan ulasan dan sistem rating yang ditampilkan untuk masing-masing barang yang dijual atau untuk penjual yang memajang barang dagangannya melalui platform e-commerce tersebut.

Meskipun banyak yang merasa terbantu, tak jarang sistem rating itu malah membuat kita makin bingung saat akan berbelanja secara online.  

Menurut sebuah penelitian yang dipimpin oleh Derek Powell, PhD, peneliti Stanford University, ulasan suatu barang yang ditampilkan dalam situs jual beli memang membantu kita menentukan produk yang dibeli, tapi sayangnya tidak selalu menunjukkan barang dengan kualitas atau harga terbaik.

Popularitas vs Kualitas, mana yang kamu pilih? (dok. BestProducts.com)
Popularitas vs Kualitas, mana yang kamu pilih? (dok. BestProducts.com)

Produk dengan jumlah ulasan lebih banyak cenderung akan dipilih, meskipun rating kepuasan konsumen terhadap barang itu tergolong rendah. Fakta menarik yang juga terungkap melalui penelitain tersebut adalah, jika ada dua produk yang sama-sama memiliki rating yang rendah alias buruk maka pembeli akan memilih produk dengan ulasan terbanyak.

Peserta survei yang dilibatkan dalam penelitian tersebut cenderung memilih produk yang memiliki ulasan lebih banyak, bukan peringkat kepuasan konsumen yang lebih tinggi. Hal ini terjadi, menurut sang peneliti, karena manusia cenderung mengikuti apa kata orang banyak. Sebagai makhluk sosial, manusia akan berperilaku sesuai dengan pengamatan terhadap perilaku orang lain.

Produk yang populer akan cenderung akan dibeli lagi oleh orang lain yang sedang mencari suatu barang. Meskipun barang tersebut kualitasnya tidak terlalu bagus. Keputusan itu tentu merugikan karena membuat kita tidak mendapatkan produk yang terbaik.

Keep that in mind saat berbelanja online ya, Teens!

Komentar
Signin/Signup

Selamat Datang di teen.co.id

Jika tidak dapat login/signup akun, silahkan kontak kami
Twitter: @teencoid, Facebook: TeenIndonesia, Email: teen@teen.co.id

Term & Condition