Suka Makan Mie Barengan dengan Nasi? Ternyata Ada Bahayanya!

Suka Makan Mie Barengan dengan Nasi? Ternyata Ada Bahayanya!

Ema Aprilisa
Friday, 15 September 2017, 16:09:00 236 0 0
Mi dan nasi ternyata nggak boleh dimakan barengan! (dok. istimewa)
Mi dan nasi ternyata nggak boleh dimakan barengan! (dok. istimewa)

Bagi orang Indonesia, makan nasi bersamaan dengan mie sepertinya dianggap wajar ya, Teens?

Padahal, ada bahaya kesehatan yang tak bisa dianggap remeh dari kebiasaan tersebut. Mi dan nasi sama-sama mengandung karbohidrat yang tinggi. Seperti kita tahu, karbohidrat akan dicerna tubuh menjadi zat gula. Jadi, kalau kita makan mie dengan nasi, kadar gula darah kita bisa meningkat pesat. Jika peningkatan gula darah yang terlalu pesat sering terjadi, hal ini dapat meningkatkan risiko diabetes.

Mengkombinasikan dua jenis karbohidrat, yaitu nasi dan mie dalam sekali makan juga akan membuat tubuh lelah karena harus mencerna karbohidrat dalam jumlah banyak. Hormon insulin akan terus aktif, membuat tubuh jadi memproduksi glukosa berlebihan. Selain itu, produksi hormon insulin oleh pankreas secara terus menerus akan membuat organ ini bekerja dua atau bahkan tiga kali lipat dari biasanya. Jika pankreas dipaksa untuk bekerja ekstra, maka tidak menutup akan merusak organ tersebut.

Nasi dan mie bahaya bila dimakan bersamaan (dok. halongbuzz)
Nasi dan mie bahaya bila dimakan bersamaan (dok. halongbuzz)

Selain itu, sebenarnya dibutuhkan jeda minimal dua hari kalau ingin mengkonsumsi mie instan. Tak boleh terlalu sering agar tubuh tak terlalu banyak memproduksi glukosa per harinya.

Bagi yang sudah terlanjur mengkonsumsi mie terlalu sering, sebaiknya kita juga rajin berolahraga agar reseptor hormon insulin tetap aktif. Reseptor insulin ini berfungsi mengontrol pergerakan hormon insulin dari aliran darah ke organ tubuh, seperti hati, ginjal, sel darah tertentu, otot dan juga jaringan lemak.

Nah, kalau sudah tahu, kalian harus menghindari mencampur mie dan nasi dalam sekali makan ya, Teens! 

Komentar
Signin/Signup

Selamat Datang di teen.co.id

Jika tidak dapat login/signup akun, silahkan kontak kami
Twitter: @teencoid, Facebook: TeenIndonesia, Email: teen@teen.co.id

Term & Condition