5 Hal yang Wajib Kamu Perhatikan Agar Hobi Belanja Nggak Bikin Bangkrut!

5 Hal yang Wajib Kamu Perhatikan Agar Hobi Belanja Nggak Bikin Bangkrut!

Ema Aprilisa
Saturday, 16 September 2017, 09:00:01 705 0 0
Hobi belanja Teens? Awas bangkrut kalau nggak cerdas dalam mengatur keuangan (dok. unsplash)
Hobi belanja Teens? Awas bangkrut kalau nggak cerdas dalam mengatur keuangan (dok. unsplash)

Siapa sih yang nggak suka belanja? Banyak orang mengaku bahagia setelah melakukan aktivitas ini. Tapi gimana caranya ya, jika kita hobi belanja tapi ingin tetap hemat dan aman untuk keuangan, Teens?

Yuk coba cara berikut ini agar terhindar dari kebiasaan belanja berlebihan.

Buat Prioritas

Selain harus cermat memilah antara kebutuhan dan keinginan, kita juga harus rajin membuat daftar belanja. Mendaftar barang yang perlu kita beli, efektif membuat belanja kita terkontrol sekaligus melatih kedisiplinan diri agar tidak mudah tergoda untuk membeli benda-benda tidak penting karena lapar mata.

Membuat skala prioritas dari wishlist barang-barang yang kita perlukan, adalah hal lain yang tidak kalah penting untuk dilakukan agar kita lebih mudah mengatur pengeluaran.

Seberapa sering sih kamu belanja Teens? (dok. unsplash)
Seberapa sering sih kamu belanja Teens? (dok. unsplash)

Agendakan Jadwal Belanja Rutin

Karena belanja merupakan kebutuhan, kita juga harus punya jadwal rutin untuk melakukannya. Misalnya kita mengagendakan setiap minggu pertama awal bulan. Mengatur rencana waktu belanja akan membuat kita terhindar dari belanja berlebihan diluar jadwal yang sudah kita tentukan.

Selektif pada Diskon

Besarnya diskon yang ditawarkan selalu membuat kita dengan mudah tergiur membeli barang dengan harga yang lebih murah. Meskipuun demikian, kita harus benar-benar selektif memilih diskon, jangan hanya tergiur dengan harga miring kita lupa dengan aggaran belanja sehingga malah membengkak dari rencana untuk membeli barang yang belum tentu benar-benar kita butuhkan.  

Bandingkan Harga

Sesekali melakukan window shopping memang juga kita butuhkan, Teens. Sebagai smart customer, kita harus membandingkan harga produk dari beberapa toko. Dengan mengetahui kisaran harga, kita akan lebih bijak membeli barang dengan harga yang wajar.

Selain itu, kita dapat memprediksi total biaya yang harus kita keluarkan untuk belanja barang yang kita butuhkan.

Bawa Uang Pas

Setelah membuat daftar belanja dan perkiraan biaya yang harus kita keluarkan, sebaiknya kita membawa uang pas saat belanja agar tetap fokus membeli barang yang diperlukan.

Membawa uang lebih saat belanja atau menggunakan kartu kredit hanya akan membuat kita susah memprediksi jumlah uang yang kita keluarkan untuk belanja, sehingga akan cenderung boros.

Komentar
Signin/Signup

Selamat Datang di teen.co.id

Jika tidak dapat login/signup akun, silahkan kontak kami
Twitter: @teencoid, Facebook: TeenIndonesia, Email: teen@teen.co.id

Term & Condition