8 Rekomendasi Film Wajib Tonton Untuk Penggemar Film Berbau Psikologi!

8 Rekomendasi Film Wajib Tonton Untuk Penggemar Film Berbau Psikologi!

Clarissa Pangestu
Friday, 15 September 2017, 14:30:59 596 0 0
Salah satu adegan dalam film Gone Girl (dok. nj)
Salah satu adegan dalam film Gone Girl (dok. nj)

Banyak orang menjadikan film sebagai salah satu objek untuk relaksasi diri mereka. Yup, menonton film biasanya dijadikan sebagai salah satu kegiatan hiburan saja. Namun, tidak sedikit juga lho orang yang menyukai film-film yang membuat penontonnya memutar otaknya dan menebak-nebak akhir plot dari film tersebut.

Nah, salah satu jenis film yang membuat kepala kita bekerja untuk menerka dan berpikir agak keras adalah film dengan sentuhan plot-plot psikologi. Film-film psikologi pada umumnya memiliki plot twist yang tidak biasa, dimana disaat yang sama kamu juga akan perlahan memahami kondisi mental si karakter dalam film.

Ada beberapa rekomendasi film psikologi yang wajib masuk list tontonan kamu nih Teens:

1. Gone Girl (2014)

Gone Girl merupakan sebuah film tentang hilangnya seorang perempuan yang juga merupakan seorang pengarang buku anak-anak terkenal yaitu istri dari Nick Dunne. Saat Nick Dunne membuat laporan ke polisi, ia malah dituduh sebagai pelaku pembunuhan istrinya yaitu Amy.

Kecurigaan polisi terhadap Nick Dunne semakin menjadi karena pria ini sama sekali tidak mengetahui aktivitas istrinya tersebut dan adanya petunjuk-petunjuk lain yang memojokkan dia. 

Gone Girl ini merupakan salah satu film yang bisa dikatakan sangat mind blowing bagi para penontonnya. Tidak hanya itu saja, film ini pun tidak membuatmu bosan walaupun ditonton lebih dari 2 kali. Penasaran?

2. Black Swan (2010)

Film Black Swan mengangkat cerita tentang seorang perempuan bernama Nina Sayer yang memiliki obsesi untuk menjadi balerina profesional. Ia dibesarkan oleh seorang ibu mantan balerina yang juga sangat obsesif untuk membentuk kepribadian Nina yang perfesioknis namun rapuh dan anti sosial.

Namun seperti kata kebanyakkan orang, segala sesuatu tidak akan membawa hasil yang baik. Obsesi yang dimiliki oleh Nina tersebut ternyata hanya membawa hidupnya menuju kehancuran.

3. Eternal Sushine of The Spotless Mind (2004)

Bagaimana jika kamu diberi kesempatan untuk menghapus memori tentang seseorang dari dalam hidupmu sepenuhnya? Eternal Sushine of The Spotless Mind merupakan sebuah film yang menceritakan tentang dua orang yang sangat bertolak belakang satu sama lain, Joel Barrish dan Clementine Krucyznski.

Keduanya menjalin hubungan untuk waktu yang cukup lama, sayang pada akhirnya mereka memutuskan untuk berpisah karena perbedaan diantara keduanya. Clementine memutuskan untuk pergi ke sebuah perusahaan bernama Lacuna Inc. yang menyediakan jasa untuk menghapus memori bagi kliennya, untuk menghapus memorinya tentang Joel.

Mengetahui hal itu, Joel pun melakukan hal yang sama. Namun, selama proses penghapusan memorinya dengan Clementine, Joel akhirnya menyadari satu hal.

Film ini mampu membuat penontonnya mengingat lagi masa-masa yang sudah dilalui dengan mantan pasangan dan membuat penontonnya belajar tentang satu hal: seburuk atau setidak menyenangkan apapun memori yang kamu miliki dengan orang yang sudah pergi, tidak ada yang salah dengan menyimpan dan tetap memiliki potongan memori itu di dalam kepalamu.

4. Identity (2003)

Identity merupakan sebuah film thriller yang menceritakan tentang sebuah rumah sakit jiwa yang sedang mengadakan pengadilan dengan sebuah kondisi khusus untuk pembunuh dengan multiple personality disorder, Malcom Rivers.

Plot kemudian beralih kepada keluarga yang sedang terjebak badai di dalam motel dan kasus pembunuhan yang terjadi secara mengenaskan dan misterius. Bagi kamu yang tidak begitu suka scene-scene pembunuhan, lebih baik menghindari film ini ya Teens.

5. He Loves Me He Loves Me Not (2002)

He Loves Me He Loves Me Not merupakan sebuah film yang menceritakan seorang perempuan bernama Angelique yang menderita erotomania. Erotomania adalah sebuah kondisi dimana sang penderita memiliki khayalan tentang seseorang, biasanya orang asing atau orang terkenal yang jatuh cinta kepadanya.

Angelique memiliki cinta yang mendalam terhadap Loic dan rela melakukan apapun untuk Loic, termasuk membunuh orang lain. Ironisnya, Loic sama sekali tidak mengenal Angelique.

6. A Beautiful Mind (2001)

A Beautiful Mind adalah sebuah film yang menceritakan seorang ahli matematika bernama John Forbes Nash. Nash menderita penyakit schizophrenia sehingga hidupnya tenggelam dalam halusinasi. Penyakit Nash ini semakin parah saat diminta Pentagon untuk memecahkan kode rahasia yang dikirim oleh tentara Soviet.

Nash terobsesi pada pekerjaannya itu dan hidup dalam dunianya sendiri. Sampai pada akhirnya Nash bertemu dengan seorang perempuan bernama Alicia Larde. Ia menikahi perempuan tersebut, namun penyakitnya semakin bertambah parah dan membuatnya terpaksa dimasukkan ke rumah sakit jiwa oleh istrinya.

7. Donnie Darko (2001)

Donnie Darko merupakan sebuah film Sci-Fi yang menceritakan seorang pemuda bernama Donnie Darko. Ia sering mendengar suara-suara aneh dan bahkan melihat seekor kelinci seukuran manusia yang bernama Frank.

Frank memberitahu waktu kiamat yang akan terjadi sebentar lagi. Awalnya Donnie tidak percaya, namun kejadian disekitarnya membuatnya semakin yakin dengan omongan Frank.

8. The Silince of The Lambs (1991)

The Silence of The Lambs adalah film yang menceritakan tentang seorang calon anggota FBI bernama Clarice Starling yang ditugaskan untuk menginterogasi tahanan di rumah sakit jiwa yang bernama Hannibal Lecter.

Hannibal ditangkap karena melakukan pembunuhan dan tindakan kanibalisme, namun Hannibal juga merupakan seorang psikiater yang handal. Clarice harus mendapatkan informasi mengenali Buffalo Bill dari Hannibal, namun perilaku Hannibal justru membuatnya kesulitan dan harus selalu waspada.

Komentar
Signin/Signup

Selamat Datang di teen.co.id

Jika tidak dapat login/signup akun, silahkan kontak kami
Twitter: @teencoid, Facebook: TeenIndonesia, Email: teen@teen.co.id

Term & Condition