Wih Gokil, Bandara Gibraltar Melintasi Jalan Raya, Paling Ekstrem di Dunia!

Wih Gokil, Bandara Gibraltar Melintasi Jalan Raya, Paling Ekstrem di Dunia!

Ema Aprilisa
Friday, 15 September 2017, 14:00:38 273 0 0
Bandara di Gibraltar ekstrem banget nih sampai melintasi jalan raya (dok. Frontier Pitts)
Bandara di Gibraltar ekstrem banget nih sampai melintasi jalan raya (dok. Frontier Pitts)

Dari beberapa landasan pesawat yang paling ekstrem dan unik di dunia, Bandara Gibraltar termasuk salah satunya. Bandara Gibraltar menjadi satu-satunya bandara di dunia yang terpotong oleh jalan raya yang ramai digunakan tiap harinya.

Dengan luas wilayah yang hanya sekitar 6,8 kilometer persegi, cara membangun bandara dengan cara demikian memang harus dilakukan. Untuk penduduk lokal, mereka terbiasa jika Winston Churchill Avenue tersebut terkadang ditutup selama sekitar 10 menit jika ada pesawat yang hendak mendarat maupun terbang.

Di masing-masing sisi bandara yang memotong jalan itu dipasang palang yang mirip dengan palang perlintasan kereta di Indonesia untuk memberi tanda ketika landasan pacu pesawat akan digunakan.

Begini pemandangan di bandara Gibraltar Teens (dok. neatorama)
Begini pemandangan di bandara Gibraltar Teens (dok. neatorama)

Untungnya, Bandara Gibraltar rata-rata hanya kedatangan 30 pesawat seminggu atau sekitar 5 penerbangan yang datang dan pergi setiap hari. Oleh sebab itu, orang-orang di sana mengaku tidak terlalu terganggu dengan aktivitas landasan pacu tersebut.

Walau terlihat berbahaya, momen terbang dan mendaratnya pesawat di Bandara Internasional Gibraltar tersebut  justru jadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Merupakan pemandangan yang umum jika terlihat sekelompok orang yang memegang kamera dan dengan sabar menunggu peristiwa itu tiap harinya di persimpangan jalan raya dengan landasan pacu bandara.

Bandara di Gibraltar ini melayani penerbangan dari dan ke sejumlah kota di Inggris, seperti London, Birmingham, atau Manchester. Jarak bandara ini dengan pusat Gibraltar tak lebih dari setengah kilometer.

Berkat keunikannya, Bandara Gibraltar digolongkan sebagai bandara paling ekstrem ke lima di dunia versi History Channel. Tertarik melihat keunikan Bandara Gibraltar, Teens?

Komentar
Signin/Signup

Selamat Datang di teen.co.id

Jika tidak dapat login/signup akun, silahkan kontak kami
Twitter: @teencoid, Facebook: TeenIndonesia, Email: teen@teen.co.id

Term & Condition