Ini 3 Tanda Orang yang Overthinking, Apakah Kalian Termasuk?

Ini 3 Tanda Orang yang Overthinking, Apakah Kalian Termasuk?

Ema Aprilisa
Friday, 15 September 2017, 17:05:56 251 0 0
Ciri-ciri overthinking ini perlu kalian waspadai (dok. unsplash)
Ciri-ciri overthinking ini perlu kalian waspadai (dok. unsplash)

Merasa jadi orang yang selalu memikirkan sesuatu secara berlebihan alias overthinking, Teens? Bahkan untuk hal-hal yang tergolong sepele pun, bisa jadi hal yang besar buat kita. Tak jarang, terlalu memikirkan hal kecil ini membuat kita para remaja tidak bisa fokus ke hal lain. Lama-lama, hal semacam ini bisa sangat mengganggu keseharian kita.

Kalau punya ciri-ciri berikut ini, bisa jadi kita tergolong orang yang overthinking!

Gelisah

Sulit tidur akibat banyak pikiran, bisa jadi tanda-tanda kalau kita adalah orang yang overthinking. Selain itu, kita sering disibukkan dengan pikiran-pikiran yang membuat kita gelisah. Jika dibiarkan, ini bisa mengganggu kesehatan kita juga, Teens. Apalagi kalau kegelisahan kita menyebabkan tidak bisa tidur semalaman, dan sering terjadi hampir tiap hari.

 

Gampang panik

Ciri pertama adalah kita selalu panik berlebihan. Kesalahan kecil yang terjadi bisa jadi momok menakutkan bagi yang mudah panik. Pikiran kita jadi berfantasi, mengira-ngira dampak kesalahan itu, hingga ke hal yang sebenarnya tidak masuk akal. Efeknya, kita jadi makin tertekan dengan kesalahan yang mungkin tak seberapa itu. Misalnya ketahuan stalking seseorang atau salah kirim chat yang sebenarnya bisa selesai dengan meminta maaf saja, bagi kita yang overthinking, akan jadi hal yang sangat menakutkan.

 

Lambat mengambil keputusan

Kalau lambat menentukan sesuatu yang sebenarnya mudah diputuskan, mungkin kita memang termasuk orang yang overthinking. Lama memilih baju mana yang akan dipakai, lama menentukan mau makan apa, tentu tak baik jika dibiarkan terus-menerus. Kalau untuk hal yang sepele saja kita lambat mengambil keputusan, apalagi kalau harus memutuskan masalah yang serius dan penting untuk kita dan orang lain. Nggak mau kan, dijauhi orang-orang karena terkenal memiliki kebiasaan lambat mengambil keputusan?

 

Waspadai 3 ciri-ciri tersebut ya Teens, siapa tahu kamu termasuk orang yang overthinking

Komentar
Signin/Signup

Selamat Datang di teen.co.id

Jika tidak dapat login/signup akun, silahkan kontak kami
Twitter: @teencoid, Facebook: TeenIndonesia, Email: teen@teen.co.id

Term & Condition