Apple Rilis Smartphone yang Lebih Canggih, iPhone X! Ini Bedanya dengan iPhone 8 dan iPhone 8 Plus

Apple Rilis Smartphone yang Lebih Canggih, iPhone X! Ini Bedanya dengan iPhone 8 dan iPhone 8 Plus

trias ismi
Wednesday, 13 September 2017, 14:00:23 641 0 1
Mana favoritmu iPhone X atau iPhone 8 Plus atau iPhone 8 nih Teens? (dok. Pocket-lint)
Mana favoritmu iPhone X atau iPhone 8 Plus atau iPhone 8 nih Teens? (dok. Pocket-lint)

Nggak hanya merilis dua iPhone terbarunya yaitu iPhone 8 dan iPhone 8 Plus, bos Apple juga mengumumkan bahwa mereka juga merilis smartphone yang lebih canggih. Varian iPhone yang disebut dengan iPhone X (dibaca iPhone Ten) ini adalah smartphone revolusioner bagi mereka.

iPhone X pun dikatakan lebih canggih dan memiliki desain yang cukup berbeda dari iPhone 8 dan iPhone Plus. Sebab, iPhone X memiliki bingkai tipis atau bezelless serta tak ada tombol Home.

Berikut ini perbedaan antara iPhone X dengan iPhone 8 dan iPhone 8 Plus yang harus kalian ketahui nih Teens.

Apple juga rilis iPhone X (dok. Istimewa)
Apple juga rilis iPhone X (dok. Istimewa)

1. Layar

Sebagai smartphone tercanggih mereka, Apple membakali iPhone X menggunakan layar OLED untuk pertama kalinya. iPhone X memiliki layar paling besar sebesar yaitu 5,8 inchi dengan resolusi 2.436 x 1.125 pixel dengan kepadatan pixel hingga 458ppi dan membuatnya menjadi iPhone dengan tampilan paling tajam.

Sedangkan iPhone 8 dan iPhone 8 Plus masih menggunakan layar IPS LCD. Pada iPhone 8 layarnya memiliki ukuran 4,7 inchi dengan resolusi 1.334 x 750 pixel dengan kepadatan pixel hingga 326ppi. Pada iPhone 8 Plus memiliki ukuran yang lebih besar yaitu 5,5 inchi dengan resolusi 1.920 x 1.080 pixel dengan kepadatan pixel mencapai 401ppi dan membuatnya lebih tajam dari iPhone 8.

2. Desain

iPhone 8 dan iPhone 8 Plus menggunakan kaca sebagai pelindung smartphone-nya. Sedangkan untuk iPhone X menggunakan bahan dari stainless steel akan tetapi bagian belakangnya juga dari kaca.

Pada iPhone X terlihat jelas bahwa tidak ada bingkai dan tombol Home dihilangkan membuatnya sangat berbeda dengan iPhone 8 dan iPhone 8 Plus. Jadi pada iPhone X untuk memulai navigasi kita hanya cukup menyapu layar ke arah atas saja nih Teens.

Untuk warna iPhone 8 dan iPhone 8 Plus memiliki tiga varian warna yaitu gold, space grey dan juga silver. Sedangkan untuk iPhone X hanya disediakan dua warna saja yaitu space grey dan silver.

3. Kamera

Kamera pada iPhone X juga disebut lebih canggih karena memiliki kamera ganda 12 megapiksel dengan piksel yang lebih dalam dengan filter warna terbaru. Sedangkan pada iPhone 8 masih menggunakan single kamera, tapi pada iPhone 8 Plus sudah menggunakan kamera ganda namun kualitasnya masih cukup kalah dari iPhone X.

Kamera depan dari ketiga smartphone baru Apple itu sama-sama mengusung 7 megapiksel. Namun, untuk iPhone X memiliki kelebihan untuk fitur terbarunya Face ID. iPhone X juga dibekali OIS atau Optical Image Stabilization yang bisa menangkap gambar lebih baik.

Pada iPhone 8 Plus ada fitur portrait lighting pada kamera belakangnya. Namun, pada iPhone X fitur tersebut juga bisa dilakukan di kamera depan saat melakukan selfie.

4. Prosesor

Ketiga smartphone baru dari Apple yang baru dirilis ini dibekali dengan prosesor terbaru yang disebut sebagai A11 Bionic. Prosesor ini disebut lebih cepat hingga 75 persen daripada prosesor pendahulunya A10 yang disematkan pada iPhone 7.

5. Fitur terbaru

Fitur terbaru yang disematkan pada iPhone 8, Iphone 8 Plus dan iPhone X adalah mereka sama-sama anti air, anti debu dan bisa melakukan pengecasan tanpa kabel. Kemampuan fast charging juga menjadi salah satu unggulan dari ketiga smartphone tersebut.

Namun, pada iPhone X mereka memiliki fitur baru yaitu Face ID yang disebut lebih aman daripada Touch ID seperti yang dimiliki oleh iPhone 8 dan iPhone 8 Plus. Pihak Apple meyakini bahwa sidik jari manusia berbanding 1:50.000 sedangkan pola wajah memiliki perbandingan hingga 1:1.000.000 sehingga lebih aman.

iPhone X dengan desain bazelles dan tak ada tombol Home (dok. Apple)
iPhone X dengan desain bazelles dan tak ada tombol Home (dok. Apple)

Face ID pada iPhone X disebut sangat canggih karena bisa mengenali wajah pemilik meskpiun memakai topi atau mengubah gaya rambut. Sebab, Face ID terus mempelajari pola wajah pemilik jadi tak akan mudah tertipu dengan foto wajah. Selain itu, iPhone X juga menyediakan fitur animoji yang bisa digunakan saat berkirim pesan lewat iMessages.

6. Harga

Dari ketiga smartphone baru dari Apple itu iPhone 8 memiliki harga termurah karena dijual mulai dari harga 699 dollar AS atau sekitar 9,1 juta rupiah. Sedangkan iPhone 8 Plus mulai dijual dengan harga 799 dollar AS atau sekitar 10,5 juta rupiah.

Karena memiliki banyak kelebihan tentu saja jika iPhone X dijual dengan harga yang juga lebih mahal. Sebab, iPhone X dibanderol mulai dengan harga 999 dollar AS atau sekitar 13,1 juta rupiah nih Teens.

Untuk kalian yang ingin memiliki iPhone 8 dan iPhone 8 Plus kaliah baru bisa melakukan pemesanan pada 15 September mendatang dan dua smartphone itu baru ada di pasaran pada 22 September mendatang. Sedangkan iPhone X baru bisa dipesan pada 27 Oktober dan akan beredar di beberapa negara pada 3 November mendatang.

Hayoo kalian mau jenis iPhone yang mana nih Teens? Jangan sampai jadi bingung dan galau untuk memilihnya ya, apakah iPhone 8, iPhone 8 Plus atau bahkan iPhone X? 

Komentar
Signin/Signup

Selamat Datang di teen.co.id

Jika tidak dapat login/signup akun, silahkan kontak kami
Twitter: @teencoid, Facebook: TeenIndonesia, Email: teen@teen.co.id

Term & Condition