Wah, 5 Tanaman Ini Ternyata Bisa Menghilangkan Stres!

Wah, 5 Tanaman Ini Ternyata Bisa Menghilangkan Stres!

Clarissa Pangestu
Tuesday, 12 September 2017, 13:02:33 224 0 0
Tanaman penghilang stres (dok. Istimewa)
Tanaman penghilang stres (dok. Istimewa)

Salah satu hal yang bisa membantu kita menghilangkan stres ternyata adalah tanaman! 

Setiap manusia pasti pernah mengalami stres. Sadar atau tidak sadar, setiap harinya sebenarnya ada satu atau lebih hal yang mengganjal pikiran dan membuat isi kepala menjadi keruh. Alhasil, seringkali kita menjadi sedikit tidak stabil dan mudah sekali marah. Keadaan ini pun menuntut kamu untuk memiliki waktu sendiri, sekedar untuk menenangkan diri ataupun menjernihkan pikiran yang kusut.

Nah, untuk menjernihkan pikiran ini ternyata perlu didukung dengan keadaan sekitar yang kondusif lho, Teens. Salah satunya adalah ruangan, yup, ruangan yang pengap atau kurang sirkulasi udara ternyata mampu menambah rasa stres didalam diri kamu. Sayangnya, tidak semua ruangan memiliki sirkulasi udara yang baik, tapi tenang Teens, kamu bisa mengatasi hal tersebut dengan memelihara tumbuhan.

Memelihara tumbuhan di dalam ruangan merupakan salah satu bagi kamu untuk menambah produksi oksigen di ruangan, yang dimana menghirup udara segar dapat perlahan menurunkan emosi dan menjernihkan pikiranmu. Ada beberapa pilihan tanaman yang bisa kamu jadikan opsi untuk dipelihara didalam ruangan lho Teens, ini dia:

1. Dracaena (Dracaena Fragrans)

 Dracaena (dok. plants)
Dracaena (dok. plants)

Dracaena ini memiliki 94% kandungan hijau yang baik, dimana kandungan hijau yang banyak akan menghasilkan oksigen yang banyak juga. Dracaena akan membantu menjaga sirkulasi udara serta membuat ruanganmu tidak terasa pengap.

 

2. Jade Plant (Crassula Argentea)

Jade Plant (dok. crateandbarrel)
Jade Plant (dok. crateandbarrel)

Jade plant memiliki kandungan hijau hingga 91%, sehingga akan membantu sirkulasi ruanganmu agar tidak pengap dan kamu bisa menghirup oksigen dengan lebih leluasa.

 

3.  Bromeliad (Guzmania Lingulata)

Bromeliad (dok. gardeningknowhow)
Bromeliad (dok. gardeningknowhow)

Bromeliad ini merupakan tanaman yang memiliki warna beragam dan mampu menghilangkan zat benzene hingga 92%,. Zat benzene adalah gas beracun yang terdapat pada pembuangan kendaraan bermotor dan juga asap rokok. Wah, jadi sudah tidak aneh lagi ya kalau kamu temui Bromeliad di beberapa ruangan merokok di gedung-gedung.

 

4. Kaktus Carribean (Consolea Falcata)

Kaktus (dok. surfacemag)
Kaktus (dok. surfacemag)

Siapa di sini yang penggemar kaktus? Tahukah kamu kalau ternyata kaktus si tanaman padang gurun ini mampu membantu menjaga sirkulasi udara dan membantu kamu menghilangkan stres? Yup, kaktus mampu mencegah lebih dari 80% ethylbenzene, p-Xylenes, dan aseton. Tidak hanya itu saja, kaktus juga mampu mencegah sekitar 60% benzene, toluene, dan o-Xylene. Wah, ternyata dibalik bentuknya yang kecil, kaktus memiliki banyak manfaat juga ya!

 

5. Spider Plant (Chlorophytum Comosum)

Spider Plant (dok. garden lovers club)
Spider Plant (dok. garden lovers club)

Spider plant mampu menetralisir kandungan ethylbenzene hingga mencapai 62%, p-Xylenes 92%, dan o-Xylene 93%. Spider plant juga mampu beradaptasi dengan lingkungan manapun, sehingga kamu tidak perlu khawatir dengan cara pemeliharaannya. Spider plant ini merupakan salah satu tanaman dalam ruangan yang paling mudah kamu temui dimana-mana terutama ruangan tertutup di perkantoran, rumah sakit, dan gedung-gedung besar lainnya. 

Nah, coba tambahkan 5 tanaman tersebut di rumahmu agar kamu tak mudah stres! 

Komentar
Signin/Signup

Selamat Datang di teen.co.id

Jika tidak dapat login/signup akun, silahkan kontak kami
Twitter: @teencoid, Facebook: TeenIndonesia, Email: teen@teen.co.id

Term & Condition