Ada Bahaya yang Mengintai di Balik Kelezatan Sashimi Ayam!

Ada Bahaya yang Mengintai di Balik Kelezatan Sashimi Ayam!

Ema Aprilisa
Tuesday, 12 September 2017, 11:05:28 373 0 0
Sashimi ayam (dok. The Independent)
Sashimi ayam (dok. The Independent)

Pernah dengar dan tertarik mencoba chicken sashimi alias sashimi ayam

Hidangan daging mentah yang dipotong tipis-tipis yang dikenal dengan nama sashimi, merupakan salah satu menu makanan Jepang yang cukup populer di penjuru dunia, termasuk Indonesia. Bahan utama yang populer untuk disajikan sebagai sashimi adalah ikan laut. Namun dalam perkembangannya, kini sashimi berbahan dasar ayam mentah yang sering disebut chicken sashimi atau chicken tartare, mulai populer di sejumlah tepat.

Tertarik mencobanya, Teens?

Jangan buru-buru tertarik dengan sajian baru ini. Ternyata, sashimi ayam rentan dengan kontaminasi dari Campylobacter dan Salmonella. Spesialis keamanan makanan dan profesor dari North Carolina State University, Ben Chapman, menyatakan kalau dua bakteri itu membuat bisa menyebabkan keracunan makanan.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), infeksi Campylobacter dapat menyebabkan infeksi pada gastrointestinal. Akibatnya, bisa menimbulkan diare, kram perut, dan gangguan pencernaan akut. Infeksi bakteri tersebut juga menimbulkan efek mual dan muntah.

Selain itu, Salmonella yang umum terdapat di daging ayam mentah juga tak bisa disepelekan. Bakteri ini tidak hanya membuat kita diare, namun juga bisa menyebabkan kematian. Menurut data CDC, sekitar 450 orang meninggal dari sekitar 1,2 juta orang yang terinfeksi Salmonella.

Meskipun daging ikan mentah pun juga sering memiliki parasit yang dapat menimbulkan gangguan kesehatan, namun parasit-parasit tersebut bisa dihilangkan dengan membekukan ikan. Nah, Salmonella ternyata tidak bisa dibunuh atau dihilangkan dengan cara ini.  

Sashimi ayam yang dihidangkan dengan cara direbus atau dibakar dalam rentang waktu tak lebih dari 10 detik, juga tak akan membuatnya bebas dari bakteri. Mengingat bahaya yang bisa disebabkan oleh sashimi jenis ini, Kementerian Kesehatan, Tenaga Kerja, dan Kesejahteraan Jepang menyarankan restoran-restoran yang menyajikan sashimi ayam untuk meninjau ulang menu tersebut. Mereka mendesak restoran untuk memasak ayam hingga suhu internal minimal 75 derajat celcius.

Komentar
Signin/Signup

Selamat Datang di teen.co.id

Jika tidak dapat login/signup akun, silahkan kontak kami
Twitter: @teencoid, Facebook: TeenIndonesia, Email: teen@teen.co.id

Term & Condition