Berapa Bayaran Jadi Model di New York Fashion Week? Ternyata...

Berapa Bayaran Jadi Model di New York Fashion Week? Ternyata...

Ema Aprilisa
Tuesday, 12 September 2017, 06:00:34 2239 0 0
Ilustrasi. Berapa bayaran para model di New York Fashion Week? (dok, unsplash)
Ilustrasi. Berapa bayaran para model di New York Fashion Week? (dok, unsplash)

New York Fashion Week alias pekan mode yang diadakan di kota yang kerap dijuluki Big Apple ini masih berlangsung hingga 13 September 2017, Teens. Tak ayal lagi, New York yang terletak di  Amerika Serikat ini pasti sedang dipenuhi oleh model yang akan mengisi pagelaran akbar tersebut.

Meski model-model catwalk yang tampil di acara megah berkelas dunia itu sering terlihat bergaya modis, dengan barang-barang branded  keluaran rumah mode ternama, namun ternyata penghasilan mereka tidak seglamor penampilannya.

Menurut majalah Forbes, untuk 20 model dengan bayaran tertinggi di ajang New York Fashion Week, jumlah bayaran mereka totalnya adalah 154 juta dollar Amerika pada tahun 2016.

Penerima honor terbesar saat itu adalah model senior Gisele Bundchen berada di urutan teratas dengan penghasilan sekitar 30 juta dollar. Menyusul kemudian Kendell Jenner yang memiliki follower lebih dari 83 juta orang di Instagram menghasilkan 10 juta dollar, dan Gigi Hadid yang menerima sekitar 9 juta dollar.  

Kendall Jenner merupakan salah satu model dengan bayaran tertinggi untuk New York Fashion Week (dok. iTechpost)
Kendall Jenner merupakan salah satu model dengan bayaran tertinggi untuk New York Fashion Week (dok. iTechpost)

Namun bagi model-model lain yang namanya tak sebesar deretan selebriti itu, penghasilan mereka ternyata jauh berbeda. Model di New York rata-rata mendapat penghasilan 48.130 dollar per tahun.

Jumlah ini ternyata jauh di bawah karyawan biasa di kota itu. Seorang pekerja kantoran dengan posisi standar di New York, rata-rata mendapatkan gaji sekitar 144.716 dollar per tahun.

Kepopuleran profesi model di kota modern ini ternyata memiliki daya tawar yang rendah alias pendapatan yang rendah, Teens. Bayaran mereka bahkan seringkali tidak sesuai standar upah.

Banyak model yang mengeluhkan honor yang terlambat dan baru dibayar setelah mereka komplain pada agensinya. Tak jarang pula mereka dibayar dengan barang atau malah tidak dibayar sama sekali, jika seorang model memang masih dalam posisi "magang".

Hal tersebut disampaikan oleh mantan model bernama Kelly Mittendorf yang pensiun dari dunia modelling setelah 5 tahun berada di industri tersebut.

"Saya tidak pernah memiliki penghasilan yang cukup sebagai model. Saya juga punya banyak utang pada agensi model. Setiap agensi model membebankan biaya tiket, fotografer, dan cetak foto untuk portfolio. Termasuk juga pakaian untuk casting dan apartemen," ujar Mittendorf.

Ternyata jadi model di New York nggak seasyik bayangan banyak orang ya, Teens?

Komentar
Signin/Signup

Selamat Datang di teen.co.id

Jika tidak dapat login/signup akun, silahkan kontak kami
Twitter: @teencoid, Facebook: TeenIndonesia, Email: teen@teen.co.id

Term & Condition