Penting Diingat! Ini Cara Tepat Untuk Cegah Bisa Ular Menyebar dalam Tubuh

Penting Diingat! Ini Cara Tepat Untuk Cegah Bisa Ular Menyebar dalam Tubuh

Ema Aprilisa
Monday, 11 September 2017, 17:35:02 1670 0 0
Ilustrasi ular (dok. unsplash)
Ilustrasi ular (dok. unsplash)

Digigit oleh ular berbisa, bukan hal yang sepele, Teens. Meski sudah banyak tersedia penawar alias obat anti bisa ular, pemberiannya harus dalam waktu yang cepat. Kalau tidak, seperti yang terjadi pada Ananda Yue Riastanto (8) yang digigit ular weling (Bungarus candidus) pada 5 Januari 2017 lalu. Anak yang tinggal di Peduhukan Dhisil, Desa Salamrejo, Kecamatan Sentolo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Khusus Yogyakarta itu sayangnya mendapatkan pertolongan pertama yang tidak tepat, sehingga racun ular keburu menyebar. 

Ilustrasi bisa ular (dok. YouTube)
Ilustrasi bisa ular (dok. YouTube)

Ular weling yang menggigit Ananda Yue Riastanto memiliki bisa mematikan berjenis neurotoksin. Jenis bisa ular ini menyerang sistem saraf kita, Teens. Akibatnya bisa fatal, karena bisa menimbulkan kelumpuhan otot, mengganggu pernafasan, dan menyebabkan kematian. Selain itu, bisa berjenis neurotoksin ini lebih cepat menyebar melalui aliran darah dibandingkan jenis bisa lainnya.

Jadi, apa yang kita lakukan untuk mencegah bisa ular ini menyebar? Ternyata, cara mengikat bagian yang tergigit itu salah besar, Teens. Tindakan yang bertujuan untuk menghentikan pergerakan bisa ular agar tak menyebar ke seluruh tubuh tersebut ternyata tak berguna. Bisa ular akan tetap menyebar ke bagian tubuh lainnya. Begitu pula dengan membuat sayatan di dearah gigitan untuk mengeluarkan darah, ternyata sama-sama tidak efektif untuk mencegah penyebaran bisa ular.

Penanganan yang tepat adalah dengan meminimalkan gerakan pada bagian tubuh yang terkena gigitan. Caranya adalah dengan menjepit atau menghimpit anggota tubuh yang tergigit ular dengan kayu, bambu, atau kardus layaknya orang patah tulang. Dengan demikian, bisa ular bisa dipertahankan agar hanya ada di tempat gigitan, tidak menyebar ke seluruh tubuh.

Jadi bila digigit oleh ular atau melihat ada orang yang digigit ular, kalian harus langsung melakukan pertolongan pertama dnegan cepat dengan menghimpit bagian yang digigit ular dengan bahan-bahan diatas. Tapi bukan lantas selesai Teens, kalian harus langsung menghubungi pihak medis untuk memberikan pertolongan dengan tepat. 

Ingat-ingat trik mengenai digigit ular berbisa ini ya, untuk berjaga-jaga jika kelak terjadi peristiwa serupa di sekitar kalian, Teens. 

Komentar
Signin/Signup

Selamat Datang di teen.co.id

Jika tidak dapat login/signup akun, silahkan kontak kami
Twitter: @teencoid, Facebook: TeenIndonesia, Email: teen@teen.co.id

Term & Condition