Ulu Hati Sering Terasa Sakit? Mungkin Ini Dia Penyebabnya!

Ulu Hati Sering Terasa Sakit? Mungkin Ini Dia Penyebabnya!

Clarissa Pangestu
Wednesday, 30 August 2017, 17:00:10 5449 0
Apa penyebab sakit ulu hati? (dok. Sharecare)
Apa penyebab sakit ulu hati? (dok. Sharecare)

Hampir setiap orang pernah mengalami rasa nyeri di bagian ulu hatinya. Betul, Teens, nyeri ulu hati memang merupakan salah satu gangguan umum yang bisa dialami siapapun, terlepas dari usia dan juga jenis kelaminnya.

Nyeri ulu hati adalah sebuah kondisi dimana kamu akan merasakan sensasi panas terbakar di sekitaran dada dan sering diiringi dengan rasa pahit di tenggorokan serta mulut. Nah, dalam ilmu medis, daerah ulu hati ini disebut dengan epigastrium, dan letak ulu hati sendiri berada di bawah tulang dada, diatas pusar, serta berada di antara tulang rusukmu.

Langsung terbayang kan dimana posisi si ulu hati ini sebenarnya?

Sering merasakan sakit ulu hati? (dok. MedicineNet)
Sering merasakan sakit ulu hati? (dok. MedicineNet)

Lantas, sebenarnya apa sih yang membuat kita bisa mengalami nyeri ulu hati? Ada beberapa penyebab kenapa kamu bisa merasakan nyeri tepat di bagian ulu hatimu. Ini dia:

1. Penyakit asam lambung

Penyebab pertama yang paling lumrah adalah karena kamu menderita penyakit asam lambung. Nyeri ulu hati karena asam lambung ini terjadi ketika asam dari lambung kamu naik sampai ke kerongkongan dan tenggorokan, dimana hal itu menyebabkan rasa sakit dan terbakar. Hal ini juga sering disebut sebagai refluks asam.

Ada beberapa gejala yang kamu alami kalau kamu menderita penyakit asam lambung, yaitu: mual, muntah, kembung, kesulitan untuk menelan, dan sendawa secara terus menerus. 

2. Merokok

Penyebab kedua yang dapat menyebabkan nyeri ulu hati adalah merokok. Yup, selain memiliki efek yang negatif terhadap paru-paru, rokok juga akan memberikan efek tidak baik untuk pencernaan kamu, Teens.

Hal ini karena dengan merokok, perut kamu akan memproduksi lebih banyak asam dan meningkatkan risiko asam lambung mengalami refluks ke kerongkongan sehingga ulu hati akan terasa nyeri.

3. Obesitas

Yup, kondisi tubuh yang terlalu gemuk atau terlalu kurus memang sangat tidak baik untuk kesehatan. Nah, kondisi tubuh terlalu gemuk atau biasa dikenal dengan obesitas ini ternyata dapat meningkatkan tekanan di perut, sehingga membuat asam di lambungmu naik ke kerongkongan dan berakhir dengan nyeri ulu hati.

4. Makanan dan minuman

Kita selalu dihimbau untuk memperhatikan makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh kita, bukan?

Nah, ada beberapa jenis makanan dan minuman yang sebaiknya kamu hindari karena dapat menjadi pemicu datangnya nyeri ulu hati, yaitu: alkohol, kafein, minuman berkarbonasi, jus asam (jeruk, nanas, lemon), makanan asam, cokelat, makanan berlemak, dan makanan pedas.

Nah, itu dia 4 penyebab nyeri ulu hati yang seringkali datang tiba-tiba dan berhasil menghambat kita melakukan kewajiban. Yang mana nih yang jadi penyebab datangnya nyeri ulu hati kamu?

Last Editor : Khairiyah Sartika
loading...
Komentar
Signin/Signup

Selamat Datang di teen.co.id

Jika tidak dapat login/signup akun, silahkan kontak kami
Twitter: @teencoid, Facebook: TeenIndonesia, Email: teen@teen.co.id

Term & Condition