Beda Jenis Komedonya, Beda Pula Cara Mengatasinya! Nih Cara yang Benar...

Beda Jenis Komedonya, Beda Pula Cara Mengatasinya! Nih Cara yang Benar...

Ema Aprilisa
Tuesday, 12 September 2017, 19:30:01 1114 0 0
Penanganan komedo beda beda nih Teens berdasarkan jenisnya, jangan sembarangan ya dalam menangani komedo (dok. dewfaced)
Penanganan komedo beda beda nih Teens berdasarkan jenisnya, jangan sembarangan ya dalam menangani komedo (dok. dewfaced)

Komedo jadi salah satu permasalahan kulit wajah yang menyebalkan ya, Teens? Penyebabnya, kadar minyak yang berlebih di wajah, terutama di area T, yakni kening, hidung, dan dagu. Selain itu, komedo juga disebabkan oleh penumpukan kotoran di pori-pori, karena kita kurang menjaga kebersihan wajah.

Kalau diperhatikan, ada dua jenis komedo yang sama-sama mengganggu penampilan kita. Jenis yang pertama adalah komedo putih, terletak di dalam kulit namun mudah dikeluarkan dengan cara menekan pori-pori kulit yang tersumbat.

Komedo putih biasa disebut dengan whitehead. Berwarna putih karena komedo ini terletak di dalam lapisan kulit dan tidak teroksidasi oleh udara, juga tidak terkontaminasi dengan kotoran di permukaan kulit sehingga warnanya terlihat putih.

Cara mengatasi komedo putih adalah dengan membersihkan wajah dengan cleanser yang mengandung asam salisilat atau salicylic acid. Kandungan tersebut bisa melarutkan komedo dengan efektif.

Ini contoh komedo putih alias blackheads, Teens. (dok. healcure)
Ini contoh komedo putih alias blackheads, Teens. (dok. healcure)

Untuk komedo putih yang membandel. Kita bisa menghilangkannya dengan melakukan lakukan facial treatment di salon kecantikan. Jika ingin membersihkannya sendiri di rumah, pastikan alat yang digunakan terjaga kebersihannya agar tidak menyebabkan infeksi atau memperparah kondisi kulitmu.

Jenis kedua adalah komedo hitam yang memiliki tekstur yang lebih keras daripada komedo putih. Komedo hitam atau blackhead menyumbat pori-pori di permukaan kulit sehingga teroksidasi karena bersentuhan langsung dengan udara. Komedo hitam juga bisa terbentuk dari sel kulit mati, kotoran, atau sisa make-up.

Cara menghilangkan komedo hitam jauh lebih sulit ketimbang komedo putih. Ini karena teksturnya yang yang lebih keras dan menempel di kulit. Untuk mencegah munculnya komedo hitam, kita perlu menggunakan pembersih wajah yang dapat mengangkat kotoran dengan sempurna.

Kalau terlanjur muncul komedo ini di wajahmu, atasi dengan masker atau scrub wajah berbahan dasar tanah liat atau lumpur.

Komentar
Signin/Signup

Selamat Datang di teen.co.id

Jika tidak dapat login/signup akun, silahkan kontak kami
Twitter: @teencoid, Facebook: TeenIndonesia, Email: teen@teen.co.id

Term & Condition