Jangan Sepelekan Kebiasaan Mencuci Tangan, Faktanya...

Jangan Sepelekan Kebiasaan Mencuci Tangan, Faktanya...

Ema Aprilisa
Wednesday, 13 September 2017, 20:00:33 327 0 0
Apakah kamu sering mencuci tangan? (dok. 3PA)
Apakah kamu sering mencuci tangan? (dok. 3PA)

Kenapa sih, kita harus mencuci tangan sebelum makan? Katanya, tangan yang kotor bisa jadi sumber penyakit. Benarkah demikian?

Faktanya, tangan kita yang sering berinteraksi dengan lingkungan di luar tubuh memang rawan menjadi tempat bakteri untuk berkembang biak. Mikroba yang termasuk ke dalam keluarga Prokaryotes ini berukuran mikroskopik alias sangat kecil dan hanya bisa dilihat dengan bantuan mikroskop.

Bakteri dapat berkembang biak dengan membelah diri. Sehingga, pertumbuhannya jauh lebih cepat daripada makhluk hidup lain. Dalam beberapa menit, satu sel bakteri yang berada dalam lingkungan yang cocok untuk kehidupannya, bisa memperbanyak diri menjadi ratusan sel.

Ada begitu banyak bakteri pada tangan kita Teens! (dok. The Spiritual Alchemist)
Ada begitu banyak bakteri pada tangan kita Teens! (dok. The Spiritual Alchemist)

Ada bakteri yang baik, contohnya yang hidup di saluran pencernaan manusia. Ada pula bakteri jahat yang bisa mengganggu kesehatan tubuh. Bakteri ini bisa menyebabkan demam, diare, infeksi, radang usus besar, dan masih banyak lagi.

Kalau kita tidak menjaga kebersihan, seperti mencuci tangan sehabis melakukan aktivitas, bakteri jahat bisa berkembang biak dan menginfeksi tubuh.

Tangan merupakan anggota tubuh yang paling sering digunakan untuk beraktivitas. Misalnya memegang benda-benda seperti ponsel, pegangan pintu, uang, dan benda-benda lain yang penuh dengan bakteri.

Kalau kita tidak mencuci tangan, bakteri-bakteri itu akan menempel dan memperbanyak diri, terutama di bagian telapak tangan yang cenderung lembab dan hangat.

Mencuci tangan dengan air saja tidak cukup, Teens. Sebaiknya kita mencuci tangan dengan sabun yang dibilas dengan air, lalu dikeringkan, atau menggunakan hand sanitizer.

Komentar
Signin/Signup

Selamat Datang di teen.co.id

Jika tidak dapat login/signup akun, silahkan kontak kami
Twitter: @teencoid, Facebook: TeenIndonesia, Email: teen@teen.co.id

Term & Condition