HUT RI 72: Ini Kisah Tiga Bendera Pusaka Sang Saka Merah Putih!

HUT RI 72: Ini Kisah Tiga Bendera Pusaka Sang Saka Merah Putih!

Ema Aprilisa
Thursday, 17 August 2017, 09:00:52 3107 0
Kisah tiga bendera pusaka sang merah putih (dok. Australia-Indonesia Youth Association)
Kisah tiga bendera pusaka sang merah putih (dok. Australia-Indonesia Youth Association)

Sudah bukan rahasia lagi jika bendera yang selama ini dikibarkan saat upacara HUT Kemerdekaan RI di istana negara adalah duplikat dari Bendera Pusaka yang dijahit oleh Ibu Fatmawati.

Tapi tahukah kamu, Teens, ternyata ada dua duplikat lain dari bendera pusaka kita. Jadi, total ada tiga duplikat bendera pusaka yang telah dibuat.

Duplikat Bendera Pusaka Merah Putih dibuat atas perintah Presiden Soeharto. Saat persiapan upacara peringatan hari kemerdekaan Indonesia pada tahun 1968, Presiden Soeharto menanyakan kondisi bendera pusaka kepada H. Mutahar yang saat itu merupakan penanggung jawab tim Paskibraka.

Kondisinya saat itu ternyata sudah mulai rapuh, warna merahnya memudar, dan warna kuningnya sudah menguning.

Saat duplikat pertamanya mulai dibuat, bendera pusaka hasil jahitan Ibu Fatmawati dikibarkan sekali lagi pada upacara peringatan kemerdekaan Indonesia pada 1968. Bersamaan dengan pembuatan duplikat bendera pusaka, Presiden Soeharto juga memerintahkan pembuatan bendera untuk dibagikan ke setiap provinsi dan kabupaten/kota seluruh Indonesia.

Tujuannya adalah untuk menyelaraskan bendera yang akan dikibarkan oleh Paskibraka pada upacara peringatan proklamasi kemerdekaan Indonesia di setiap daerah.

Hingga saat ini, duplikat bendera merah putih sudah tiga kali dibuat. Duplikat pertama, dikibarkan saat upacara peringatan proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia pada tahun 1969 sampai 1984.

Duplikat kedua dikibarkan pada tahun 1985 sampai 2014. Pemerintah mulai membuat duplikat ketiga pada tahun 1995. Meskipun demikian, duplikat ketiga ini baru mulai dikibarkan pada upacara bendera 17 Agustus di istana negara pada tahun 2015 hingga saat ini.

loading...
Komentar
Signin/Signup

Selamat Datang di teen.co.id

Jika tidak dapat login/signup akun, silahkan kontak kami
Twitter: @teencoid, Facebook: TeenIndonesia, Email: teen@teen.co.id

Term & Condition