Dari Heechul Super Junior Hingga Jungshin CNBLUE, Begini Keluhan 4 Idol Kpop Senior Terhadap Para Junior

Dari Heechul Super Junior Hingga Jungshin CNBLUE, Begini Keluhan 4 Idol Kpop Senior Terhadap Para Junior

Teena
Friday, 11 August 2017, 20:30:19 1944 0 0
Kpop idol senior (dok. Istimewa)
Kpop idol senior (dok. Istimewa)

Baru-baru ini persoalan mengenai manner dan kesopanan antara idol junior dan senior sedang menjadi perbincangan nih, Teens.

Seperti halnya di Indonesia, sopan santun juga dijunjung tinggi di Korea Selatan.

Masyarakat Korea Selatan sangatlah strict dalam menerapkan sopan santun. Usia merupakan salah satu faktor yang sangat memengaruhi bagaimana sopan santun diterapkan. Perbedaan usia memberikan pengaruh yang besar dalam bersikap satu sama lain, termasuk bila perbedaan usia tersbeut hanyalah satu tahun. Begitu pula dengan manner antara junior dan senior. 

Sudah menjadi sebuah tradisi antara idol group dimana saat berada di program musik yang sama, para junior akan datang ke waiting room grup atau musisi senior dan menyapa mereka serta biasanya membagikan album terbaru yang sedang mereka promosikan. 

Baru-baru ini, Hyoyeon SNSD mengungkapkan bahwa tak ada lagi idol Kpop yang datang menyapa mereka ke waiting room selain EXO. Postingannya di Indtagram tersebut mencuri perhatian banyak netizen. Para netizen merasa bahwa idol group junior jaman sekarang kurang menghormati para senior. Kalian bisa membaca mengenai hal tersebut di sini. 

Hal yang dirasakan Hyoyeon SNSD tersebut ternyata bukan yang pertama kalinya. Sebelumnya, banyak Kpop idol senior yang mengungkapkan hal yang sama. Mau tahu seperti apa keluhan mereka? Ini dia: 

Heechul Super Junior 

Heechul Super Junior (dok. Instagram)
Heechul Super Junior (dok. Instagram)

Super Junior debut di tahun 2005 lalu dan bahkan lebih senior dari SNSD. Namun yang ia keluhkan adalah soal para junior grup yang bahkan tidak datang menyapa Kangta yang jauh lebih senior dari mereka. Saat hadir di kosner Kangta tahun lalu, Heechul Super Junior berkata "Beberapa penyanyi junior paling populer saat ini tidak pandai dalam menyapa," ujarnya.
Meskipun ia mengerti bagaimana merepotkannya untuk menyapa sesama penyanyi begitu mereka mendapatkan waktu istirahat, ia menyarankan juniornya untuk setidaknya menghormati Kangta. Heechul bahkan mengatakan bahwa dia tidak keberatan jika junior tidak menyapanya, tapi setidaknya mereka harus menyapa para senior. 

Jungshin CNBLUE 

Jungshin CNBLUE (dok. FNC)
Jungshin CNBLUE (dok. FNC)

Dalam sebuah wawancaranya Jungshin CNBLUE mengungkapkan bahwa saat ia menjadi MC M! Countdown, para junior tidak menyapa senior yang lebih tua. "Waktu itu aku menjadi MC untuk M! Countdown. Para idola muda bahkan tidak menyapa penyanyi yang lebih tua. Aku tidak mengerti. Pada zaman kita, itu tidak terpikirkan," ujar musisi yang debut di tahun 2009 ini. 

Apink 

Apink (dok. Istimewa)
Apink (dok. Istimewa)

Dalam sebuah acara radio, Kangta yang menjadi DJ acara tersebut bertanya pada Apink yang menjadi bintang tamu. "Kalian sekarang sudah menjadi senior. Apakah para junior datang ke ruangan kalian dan membawa CD?" ujarnya. Apink pun menjawab, "Mereka tidak datang menyapa kami..." ujar mereka. Apink juga mengungkapkan hanya ACE yang datang menyapa mereka. 

Lee Hyori 

Lee Hyori (dok. Istimewa)
Lee Hyori (dok. Istimewa)

Lee Hyori pun pernah mengatakan hal yang sama. Dalam sebuah episode Happy Together 3 ia bercerita, "Aku bukannya mau terkesan mengerikan di mata para junior, tapi ketika ada junior yang tak menyapaku, aku akan berkata 'Kamu tak tahu siapa aku?' padahal saat itu aku memang penasaran apa mereka tidak mengetahui siapa aku makanya mereka tidak menyapa," jelas Lee Hyori. 

Hmm, kalau sampai banyak idol dan musisi Kpop yang mengeluhkannya, berarti memang parah ya Teens? 

Komentar
Signin/Signup

Selamat Datang di teen.co.id

Jika tidak dapat login/signup akun, silahkan kontak kami
Twitter: @teencoid, Facebook: TeenIndonesia, Email: teen@teen.co.id

Term & Condition