Ternyata Ini Fungsi Gedung Joang '45 Sekarang!

Ternyata Ini Fungsi Gedung Joang '45 Sekarang!

Ema Aprilisa
Friday, 11 August 2017, 17:00:11 341 0 0
Gedung Joang 45 berlokasi di Menteng, Jakarta (dok. Enjoy Jakarta)
Gedung Joang 45 berlokasi di Menteng, Jakarta (dok. Enjoy Jakarta)

Kalau kamu pernah melewati Jalan Menteng Raya, Jakarta Pusat, tentu pernah melihat bangunan yang terkesan tua dan bernuansa Eropa bertuliskan Gedung Joang '45.

Bangunan yang juga dikenal dengan nama Museum Joang '45 ini diresmikan pada tahun 1974 oleh Presiden Soeharto. Gedung ini awalnya dibangun pada sekitar tahun 1920-an dan digunakan sebagai hotel yang dikelola oleh keluarga Belanda bernama L.C. Schomper.

Ketika Jepang masuk ke Indonesia dan menguasai Jakarta yang pada masa itu bernama Batavia, hotel tersebut diambil alih oleh Jepang dan beralih fungsi sebagai kantor.

Pengelolanya adalah Ganseikanbu Sendenbu yang bertugas untuk menyebarkan propaganda pro-Jepang. Tempat ini kemudian digunakan untuk program pendidikan politik pada 1942 untuk mendidik pemuda.

Saat ini, Museum Joang '45 menampilkan koleksi benda-benda peninggalan para pejuang Indonesia. Ada mobil dinas resmi Presiden dan Wakil Presiden RI Pertama yang dikenal dengan mobil REP 1 dan REP 2, koleksi foto-foto dokumentasi dan lukisan yang menggambarkan perjuangan kemerdekaan, juga patung tokoh-tokoh perjuangan Indonesia.

Walau dari luar masih terlihat sama seperti awal berdiri, namun bagian dalam bangunan ini telah berubah dari desain awalnya.

Hanya tersisa beberapa kamar dari bangunan penginapan ini. Mayoritas kamar dibongkar dan saat ini dipergunakan sebagai perpustakaan, ruang serba guna, dan kantor Wirawati Catur Panca.

Komentar
Signin/Signup

Selamat Datang di teen.co.id

Jika tidak dapat login/signup akun, silahkan kontak kami
Twitter: @teencoid, Facebook: TeenIndonesia, Email: teen@teen.co.id

Term & Condition