HUT RI 72: Selain Lomba dan Upacara, 4 Tradisi Ini Selalu Ada di Peringatan 17 Agustus

HUT RI 72: Selain Lomba dan Upacara, 4 Tradisi Ini Selalu Ada di Peringatan 17 Agustus

tiara susma
Monday, 07 August 2017, 13:30:03 903 0
Ilustrasi perayaan hari kemerdekaan Indonesia (dok. Event Carnival)
Ilustrasi perayaan hari kemerdekaan Indonesia (dok. Event Carnival)

Tidak terasa negara tercinta kita Indonesia akan segera memasuki usia ke-72 pada tanggal 17 Agustus nanti. Banyak warga Indonesia merayakan hari ulang tahun Indonesia dengan berbagai tradisi seperti mengadakan upacara bendera hingga lomba-lomba dengan hadiah menarik. Selain dua tradisi itu, perayaan kemerdekaan RI juga selalu identik dengan 4 tradisi di bawah ini.

Kunjungan ke Makam Pahlawan

Banyak orang Indonesia merayakan 17 Agustus dengan mengunjungi makam pahlawan. Tidak hanya warga biasa saja, namun pejabat pemerintahan hingga militer juga mengunjungi makam-makam pahlawan untuk menghormati jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur.

Kerja Bakti

Selain berkunjung ke makam pahlawan, perayaan hari kemerdekaan Indonesia juga identik dengan kerja bakti para warga entah itu untuk membersihkan kampung atau menghias gapura. Suasana gotong royong sangat terasa saat kerja bakti dan semua warga terlihat antusias menyambut hari ulang tahun Indonesia.

Menonton upacara bendera di Istana Merdeka

Tradisi ini bisa jadi tradisi yang tidak bisa dilewatkan ketika 17 Agustus tiba. Mayoritas masyarakat Indonesia akan meluangkan waktu mereka untuk menonton upacara bendera entah itu langsung di Istana Merdeka atau melalui saluran televisi. 

Pawai Agustusan

Tradisi pawai Agustusan sering diadakan setelah 17 Agustus dengan menampilkan peserta pawai dari segala usia. Beberapa dari mereka juga memakai baju-baju adat dari berbagai daerah di Indonesia. Hal itu ditujukan untuk meramaikan perayaan Agustusan sekaligus memamerkan kekayaan budaya Indonesia.

Nah, adakah diantara tradisi tersebut yang biasa kalian lakukan saat merayakan kemerdekaan Indonesia, Teens? 

Komentar
Signin/Signup

Selamat Datang di teen.co.id

Jika tidak dapat login/signup akun, silahkan kontak kami
Twitter: @teencoid, Facebook: TeenIndonesia, Email: teen@teen.co.id

Term & Condition