Bermacet-macetan Ternyata Bisa Bikin IQ Turun, Benarkah?

Bermacet-macetan Ternyata Bisa Bikin IQ Turun, Benarkah?

Ema Aprilisa
Wednesday, 15 November 2017, 18:00:51 190 0 0
Benarkah macet-macetan bisa menyebabkan IQ menurun? (dok. unsplash)
Benarkah macet-macetan bisa menyebabkan IQ menurun? (dok. unsplash)

Macet sekarang bukan cuma punya Jakarta. Hampir semua kota besar di Indonesia sudah mengalami yang namanya macet. Apalagi saat jam-jam sibuk. Kita pun pasti juga sering mengalaminya ya, Teens.

Tak peduli siang atau malam, kita bisa terjebak macet. Bukan cuma nyebelin dan membuang waktu, ternyata bermacet-macet ria juga bisa bikin IQ turun!

Penelitian terbaru mengungkap fakta bahwa orang-orang yang mengemudi lebih dari dua jam sehari, apalagi dalam kondisi padat atau macet, kemampuan otaknya akan menurun. Macet terbukti buruk bagi otak dicurigai karena tekanan pada pikiran dan otak kita jadi kurang aktif pada saat berkendara di jam-jam macet.

Apakah kamu sering terjebak kemacetan sehari-hari? (dok. unsplash)
Apakah kamu sering terjebak kemacetan sehari-hari? (dok. unsplash)

Kishan Bakrania, peneliti dari Universitas Leicester melakukan penelitian tersebut selama lima tahun dengan melibatkan 500.000 pengemudi yang menjalani proses tes IQ. Hampir seluruh peserta penelitan tersebut terbukti memiliki tingkat IQ yang lebih rendah gara-gara kelamaan nyetir.

Efek tersebut diklaim mirip dengan yang terjadi pada orang-orang yang senang berlama-lama menonton televisi. Menurut Bakrania, orang yang nonton televisi lebih dari 3 jam juga akan mengalami penurunan tingkat kognitif.

Jadi gimana Teens, masih mau nyetir sendiri atau pilih pakai kendaraan umum agar berkontribusi untuk mengurangi kemacetan?

Komentar
Signin/Signup

Selamat Datang di teen.co.id

Jika tidak dapat login/signup akun, silahkan kontak kami
Twitter: @teencoid, Facebook: TeenIndonesia, Email: teen@teen.co.id

Term & Condition