Dua Perusahaan Ini Membuat Sepatu dari Sampah Botol Plastik

Dua Perusahaan Ini Membuat Sepatu dari Sampah Botol Plastik

alif hudanto
Friday, 28 April 2017, 19:28:25 3460 0
Adidas
Adidas

Pernah terpikir kemana perginya botol-botol plastik yang kita buang? Biasanya botol-botol plastik yang terbuang akan dibawa oleh pemulung untuk kemudian di daur ulang. Selain itu, botol plastik akan digunakan untuk kerajinan.

Di Amerika sampah dari botol plastik juga dimanfaatkan menjadi kerajinan bernilai jual tinggi. Limbah botol plastik didaur ulang kemudian dibuat menjadi sepatu dengan merek Rothy's. Pendiri Rothy's, Rothy Martin mengatakan limbah botol plastik disterilkan, dicuci dengan air panas, dipotong menjadi serpihan, kemudian diolah menjadi serat fiber yang lembut berbentuk benang.

Benang serat lembut hasil olahan limbah tersebut kemudian dirajut menggunakan mesin perajut 3D pada cetakan sepatu. Kemudian hasil rajutan ditempel dengan sol dalam dan sol luar yang terbuat dari karet tanpa karbon.

Rothys
Rothys

Sepatu ini dijual secara online dan laku keras setelah Rothy's meng-endorse aktris Gwyneth Paltrow. Sepatu ini dijual mulai harga 125 dolar. Rothy’s juga diuntungkan dengan persediaan bahan baku yang masih sangat banyak. Sepatu Rothy's yang usang dan tidak terpakai dapat dikirim ke perusahaan mitra Rothy's untuk didaur ulang dan diolah menjadi barang lain.

Dan tidak hanya Rothy's, merek sepatu kenamaan asal Jerman, Adidas juga memanfaatkan sampah plastik dari perairan Maladewa menjadi sebuah sepatu. Adidas bekerjasama dengan Parley for The Ocean menciptakan sepatu UltraBoost Uncaged Parley yang 95% bagian sepatu terbuat dari hasil daur ulang sampah plastik.

Adidas
Adidas

Sama seperti Rothy's, Adidas juga menggunakan mesin cetak 3D dalam pembuatannya. Sepatu UltraBoost Uncaged Parley dijual dengan harga 220 dolar atau sekitar 2 juta rupiah. Selain sepatu, Adidas juga membuat perlengkapan olahraga yang terbuat dari hasil daur ulang sampah plastik untuk klub Bayern Munchen dan Real Madrid. 

Last Editor : Sarah Christiani
loading...
Komentar
Signin/Signup

Selamat Datang di teen.co.id

Jika tidak dapat login/signup akun, silahkan kontak kami
Twitter: @teencoid, Facebook: TeenIndonesia, Email: teen@teen.co.id

Term & Condition