10.000 Pria Siap Tampilkan Tari Saman secara Massal Tahun Ini!

10.000 Pria Siap Tampilkan Tari Saman secara Massal Tahun Ini!

alif hudanto
Wednesday, 18 January 2017, 10:30:31 1277 0
dok. YouTube
dok. YouTube

Penampilan Tari Saman secara massal akan digelar kembali di Stadion Seribu Blangkkejeran, Kabupaten Gayo Lues, Aceh.

Setidaknya 10.000 penari akan berpartisipasi dalam penampilan tersebut. Dikutip dari iloveaceh.org, di tahun 2014, stadion Seribu Bukit Bangkejeran, Kabupaten Gayo Lues, Aceh juga dipenuhi 5057 lelaki yang menampilkan traian saman secara serentak.

Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Aceh, Reza Pahlevi mengatakan kepada kompas.com, "5000 penari sudah dianggap yang terbesar tapi saat ini akan hadir 10.000 penari." 

Hampir semua masyarakat Gayo dapat melakukan tarian tradisional. Hal itu juga jadi penyebab tari Saman mendapatkan pengakuan UNESCO sebagai Warisan Budaya Tak Benda Dunia di thaun 2011. Tari Saman disebut otentik dan berakar dalam kehidupan masyarakat. Tidak hanya tari Saman, Wayang, Keris, kain Batik, Angklung, Subak di Bali juga mendapatkan pengakuan UNESCO sebagai Warisan Budaya Tak Benda Dunia.

Seperti dilaporkan iloveaceh.org, tari saman erat kaitannya dengan penyebaran Islam di Aceh. Penciptanya adalah Syeikh Saman pada abad 14 Masehi. Tari Saman awalnya ditampilkan pada pesta adat budaya di Gayo. Namun tari Saman juga berkembang dan dipelajari di sekolah-sekolah.

Kamu juga pasti menemukan ekskul tari Saman di sekolah kamu kan Teens? Tari Saman juga sering ditampilkan dalam acara pertukaran budaya atau festival seni budaya dunia.

Rencananya penampilan tari Saman secara masal akan diselenggarakan pada Maret tahun ini. Pensaran melihatnya, Teens?

Last Editor : Khairiyah Sartika
loading...
Komentar
Signin/Signup

Selamat Datang di teen.co.id

Jika tidak dapat login/signup akun, silahkan kontak kami
Twitter: @teencoid, Facebook: TeenIndonesia, Email: teen@teen.co.id

Term & Condition