Menari Ternyata Baik Bagi Otak! Mau Tahu Lebih Lanjut?

Menari Ternyata Baik Bagi Otak! Mau Tahu Lebih Lanjut?

alif hudanto
Monday, 16 January 2017, 17:57:22 715 0
The Celebrity // Your Breeze
The Celebrity // Your Breeze

Mungkin ada diantara kamu yang menari karena hobi. Tapi tau gak Teens, kalo menari ternyata punya manfaat buat otak kamu? 

Menari meningkatkan fungsi otak pada berbagai tingkatan. Dua studi terbaru menunjukkan bagaimana berbagai jenis praktek memungkinkan penari untuk mencapai kinerja puncak dengan memadukan otak dan kognitif proses berpikir dengan memori otot dan 'proprioception' yang ada di otak kecil. Melalui pelatihan aerobik teratur yang menggabungkan beberapa jenis tari setidaknya sekali seminggu, setiap orang dapat memaksimalkan fungsi otak nya.

Mungkin kamu pernah merasa pusing saat berputar terlalu cepat. Pusing akibat kehilangan keseimbangan bisa diobati dengan menari. Psychology Today melansir bahwa satu artikel ini berjudul, "The Neuroanatomical Correlates of Training-Related Perceptuo-Reflex Uncoupling in Dancers." Penelitian ini menunjukkan bahwa tahun pelatihan dapat memungkinkan penari untuk menekan sinyal dari organ keseimbangan di telinga bagian dalam yang terkait dengan otak kecil. Temuan yang dipublikasikan dalam jurnal Cerebral Cortex, dapat membantu meningkatkan pengobatan untuk pasien dengan pusing kronis. Sekitar satu dari empat orang mengalami kondisi ini pada beberapa waktu dalam kehidupan mereka.

Selain itu, seperti dilansir dari thehealthsite.com, menari dapat membantu mengontrol pikiran. Kebanyakan orang menari karena merasa menari tidak perlu berpikir. Faktanya adalah, ketika kamu menari, kamu berada dalam kondisi yang paling sadar. Bayangkan ketika kamu mendengarkan musik, memahami irama, lalu mengharmonisasikan gerakan dengan irama lagu, kemudian dengan spontan mengungkapkan dalam gerak dan ekspresi. Jadi, ketika menari, seorang penari dalam keadaan penuh kesadaran dan diberikannya kontrol penuh atas pikiran.

Selain itu, menari melibatkan multitasking dan meningkatkan koordinasi antara organ sensorik kamu. Ketika kamu berlatih lebih banyak dan mendalami tari, otak kamu akan merespon lebih cepat dan refleks kamu lebih kuat. Kamu akan mendengarkan musik, memahami irama, bergerak melalui urutan gerakan, berekspresi saat menari, serta merespon ruang kamu dalam cara yang lebih baik.

 

Last Editor : Sarah Christiani
loading...
Komentar
Signin/Signup

Selamat Datang di teen.co.id

Jika tidak dapat login/signup akun, silahkan kontak kami
Twitter: @teencoid, Facebook: TeenIndonesia, Email: teen@teen.co.id

Term & Condition