Rambut Rusak Karena Catokan? Cobain 5 Cara Ini untuk Mengatasinya, Teens!

Rambut Rusak Karena Catokan? Cobain 5 Cara Ini untuk Mengatasinya, Teens!

Clarissa Pangestu
Thursday, 12 January 2017, 19:00:51 5898 0
freepik.com
freepik.com

Kegiatan mencatok rambut memang sudah menjadi salah satu kegiatan wajib bagi banyak kaum perempuan. Bukan hanya sekedar mereka yang memiliki rambut tidak lurus saja, tapi perempuan yang sudah memiliki rambut lurus pun banyak yang menggunakan catokan dengan alasan untuk merapikan rambut mereka.

Namun, penggunaan catokan yang berlebihan atau terlalu sering dan dengan suhu yang tinggi akan berakibat buruk pada kesehatan rambutmu nih, Teens! Masalah-masalah seperti rambut kering, bercabang, dan berubah warna pun akan menjadi 3 masalah utama yang akan kamu temui saat terlalu sering menggunakan catokan.

Nah, untuk mengatasi rambut kamu yang sudah terlanjur rusak akibat si catokan, ada beberapa tips perawatan yang bisa kamu lakukan lho! Ingat, lebih baik terlambat sedikit daripada tidak sama sekali.

1. Serum rambut

Serum rambut berguna untuk melindungi rambut kamu dari panasnya catokan. Caranya yaitu dengan mengaplikasikan serum rambut tepat sebelum kamu mencatok rambutmu, diamkan selama beberapa menit sampai benar-benar meresap, kemudian mulailah mencatok rambutmu.

Penggunaan serum rambut bagi para pecinta catokan memang sangat dianjurkan nih, Teens. Hal ini karena panas yang ditimbulkan dari catokanmu dapat diredam oleh serum rambut agar tidak merusak rambutmu.

2. Masker rambut

Rambut yang terlalu sering dicatok akan kehilangan nutrisinya. Alhasil, rambut pun menjadi kering, mudah patah, kasar, dan bercabang. Untuk mengatasinya tentu kamu harus memberikan nutrisi pada rambutmu lagi. 

Masker rambut adalah pilihan yang tepat untuk memberikan nutrisi yang cukup pada rambutmu. Carilah masker rambut yang sesuai dengan kebutuhan rambut rusakmu sebelum mengaplikasikannya, serta biasakan untuk memberikan masker pada rambutmu minimal seminggu sekali.

Baca: Ini Tren Gaya Rambut Cewek dan Cowok yang Bakal Hits di Tahun 2017! Siap Mencobanya?

3. Hindari hairstyling yang berlebihan

Selain dengan memberikan serum atau masker pada rambutmu, tips berikutnya untuk merawat rambut rusakmu adalah dengan menghindari hairstyling berlebihan. Untuk kalian si pemilik rambut panjang, maka kamu harus mulai mengurangi kebiasaan untuk mengikat rambut kamu dengan kencang atau terlalu sering karena hal ini sebenarnya menyakiti rambutmu.

Selain itu juga, kamu harus menghindari penggunaan pengering rambut yang berlebihan lho, Teens. Hal ini karena pengering rambut yang biasa kamu gunakan bisa benar-benar membuat rambutmu menjadi kering dan mudah patah. Duh, jangan sampai deh! Mulai sekarang harus sabar-sabar mengeringkan rambut dengan handuk dan menunggu hingga kering sendiri ya.

4. Gunakan sampo dengan kandungan keratin dan gunakan conditioner

Keratin adalah protein rambut pembentuk struktur komponen utama pada rambutmu. Keratin mudah rusak jika terjadi kesalahan dalam proses styling atau intensitas penggunaan bahan kimia yang terlalu sering dan dalam jangka waktu lama pada rambut. Untuk itu kalian dapat menggunakan sampo dengan kandungan keratin karena hal ini dapat membantu rambutmu untuk regenerasi dan mengganti sel-sel rambut yang sudah rusak dengan yang baru.

Setelah menggunakan sampo yang mengandung keratin, langkah selanjutnya untuk merawat rambutmu yang sudah rusak karena catokan adalah dengan menggunakan conditioner. Hal ini karena conditioner mampu menjaga kelembaban pada rambut.

5. Vitamin rambut

Tips terakhir adalah untuk kamu agar tidak pernah lupa menggunakan vitamin rambut. Vitamin rambut ini bertujuan untuk menutrisi rambut yang kering akibat catokan. Selain itu vitamin rambut juga sangat penting bagi kesehatan rambut rusakmu karena rambut yang rusak sangat susah menyerap vitamin dari dalam tubuh. 

Last Editor : Khairiyah Sartika
loading...
Komentar
Signin/Signup

Selamat Datang di teen.co.id

Jika tidak dapat login/signup akun, silahkan kontak kami
Twitter: @teencoid, Facebook: TeenIndonesia, Email: teen@teen.co.id

Term & Condition