OMNATO, Pengolahan Limbah Cair Hasil Rebusan Jamur Tiram Menjadi Nata Kering

OMNATO, Pengolahan Limbah Cair Hasil Rebusan Jamur Tiram Menjadi Nata Kering

Cahyono Abdi
Monday, 08 July 2019, 10:54:44 249 0
Ilustrasi foto jamur tiram (Depositphotos(
Ilustrasi foto jamur tiram (Depositphotos(

Jamur tiram merupakan salah satu jenis tanaman yang sudah dikenal oleh masyarakat Indonesia sejak lama dan biasanya dimanfaatkan sebagai salah satu olahan pangan. Saat ini, olahan produk dengan bahan dasar jamur tiram telah banyak ditemukan dipasaran. Dari banyaknya jamur tiram yang diolah menimbulkan suatu permasalahan, yaitu mengenai air rebusan jamur tiram yang kurang diperhatikan dan dianggap menjadi limbah.

Oleh karena itu, muncul kolaborasi antara mahasiswa Fakultas Pertanian dengan Fakultas Teknologi pertanian yang terdiri dari Cahyono Abdi Wibowo (FP 2016) bersama dengan 4 rekan yang lain, Rosavie Della Febyta (FP 2016), M. Kaisi Ilhami (FP, 2016), Mariatul Qibriyah (2016),  dan Annisa Icha Adelina (FTP, 2016) untuk menciptakan suatu produk inovatif didasarkan pada permasalahan mengenai limbah air rebusan jamur tiram, yaitu OMNATO (Oyister Mushroom Based Dry Nata Production With High Nutrient Obtain) berupa inovasi pangan nata kering berbasis limbah cair pengolahan jamur tiram guna mendukung better health worldwide. 

Menurut Cahyono, inovasi produk ini merupakan salah satu bentuk Program Kreatifitas Mahasiswa di bidang Kewirausahaan (PKM-K) yang telah lolos dalam pendanaan oleh Dikti. Dengan terciptanya inovasi baru di bidang pangan ini, Cahyono menjelaskan bahwa inovasi ini sangat bermanfaat karena limbah yang awalnya terbuang sia-sia sekarang dapat memiliki manfaat bahkan di bidang pangan.

Cahyono juga mengakui bahwa produk OMNATO ini hampir sama seperti produk nata de coco, namun perbedaannya OMNATO berbahan dasar air rebusan jamur tiram dan berbentuk kering. Sedangkan, jika nata de coco berbahan dasar air kelapa dan tidak kering.

 

Last Editor : Yanto
loading...
Komentar