SMAN Unggulan MH Thamrin: Serunya Boarding School dan 3 Kurikulum Berbeda!

SMAN Unggulan MH Thamrin: Serunya Boarding School dan 3 Kurikulum Berbeda!

trias ismi
Wednesday, 13 March 2019, 16:00:17 1644 0
Yuk kenalan lebih dekat dengan SMAN Unggulan MH Thamrin! (dok. istimewa)
Yuk kenalan lebih dekat dengan SMAN Unggulan MH Thamrin! (dok. istimewa)

Jika membicarakan salah satu SMA yang populer dan menjadi dambaan banyak siswa tentunya SMAN Unggulan MH Thamrin adalah salah satu pilihannya. 

Sekolah yang berada di Bambu Apus, Cipayung, Jakarta Timur ini dikenal selalu mencetak siswa yang berkualitas dan tentunya berprestasi. Di tahun 2018 lalu sekolah SMAN Unggulan MH Thamrin mendapatkan peringkat pertama di Ujian Nasional untuk sekolah swasta dan negeri. 

SMA Negeri Unggulan Mohammad Hoesni Thamrin merupakan satu-satunya sekolah negeri di DKI Jakarta yang memiliki predikat unggulan dan penamaannya tidak menggunakan nomor urut seperti umumnya. Sekolah milik Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta ini digagasi oleh Gubernur Sutiyoso dan diresmikan pada tahun 2008.

Banyaknya siswa berprestasi ini tentunya ditunjang dengan kegiatan belajar mengajar yang sangat menarik karena memiliki 3 kurikulum yaitu Nasional, Cambridge dan Olimpiade nih Teens. 

"Ketiga kurikulum tersebut wajib diselesaikan sampai kita lulus, jadi hitungannya kita belajar kurikulum Nasional rata-rata hanya satu setengah tahun jadi selesainya ketika kelas 11 semester 1. Kemudian, pada awal kelas 11 kita sudah memulai kurikulum Cambridge. Untuk kurikulum Olimpiadenya, dilaksanakan setiap hari sabtu dari pagi sampai sore dan hanya berlaku untuk kelas 10 dan kelas 11 saja," cerita ketua OSIS dari SMAN Unggulan MH Thamrin, Dhiva. 

SMAN Unggulan MH Thamrin! (dok. istimewa)
SMAN Unggulan MH Thamrin! (dok. istimewa)

Selain menggunakan 3 kurikulum sekaligus, fasilitas di sekolah yang satu ini juga sangat banyak lho. SMAN Unggulan MH Thamrin memiliki GOR sekolah, kolam renang, lapangan bola, track lari dan masih banyak lainnya. Berdiri sejak tahun 2009 lalu, para siswa di sekolah ini juga bisa merasakan sensasi boarding school. 

Keistimewaan SMAN Unggulan M. H. Thamrin terletak pada sistem boarding school-nya dengan asrama putra dan asrama putri. Para siswa diwajibkan tinggal di asrama selama mereka masih terdaftar sebagai peserta didik SMAN Unggulan M .H. Thamrin.

Menurut Dhiva, boarding school itu sangat menyenangkan dan di sekolahnya asramanya itu gratis. Bahkan lewat boarding school ini ia bisa menjalin hubungan yang lebih baik dengan teman-temannya karena bisa belajar hingga seru-seruan bareng. Menariknya lagi ada tiga angkatan yang tinggal di asrama, jadi bisa lebih mengenal seluruh siswa di sekolah ini lebih baik karena tidak ada senioritas sama sekali. 

Kapasitas siswa di setiap kelasnya hanya 22 orang saja dan satu angkatan maksimal hanya menerima 88 orang. Sedangkan tenaga pendidik ada sekitar 30 guru yang semuanya asik dan selalu mengerti karakteristik para siswanya. 

Penghargaan istimewa untuk para guru di SMAN Unggulan MH Thamrin (dok. Instagram @osismhthamrin)
Penghargaan istimewa untuk para guru di SMAN Unggulan MH Thamrin (dok. Instagram @osismhthamrin)

Bidang akademis memang sangat penting di SMAN Unggulan MH Thamrin, tapi di sekolah ini juga memiliki beberapa ekstrakurikuler yang bisa menjadi sarana pengembangan bakat dan minat siswa. Beberapa ekstrakurikuler yang ada di sekolah ini antara lain Paskibra, English Club, Basket, Futsal, Pencak Silat, Tari tradisional, marching Band, Tahfidz Qur'an, Paduan Suara, Teater, Robotik dan Pramuka. Namun ekstrakulikuler yang paling diunggulkan ialah KIR yang sekarang dijadikan kelas olimpiade setiap hari Sabtu. 

Beberapa program unggulan dari SMA ini cukup beragam dan salah satunya adalah Thamrin Olympiad and Cup atau TOC. Dalam kompetisi ini ada beberapa perlombaan yang digelar seperti Robotik, SQUC (kompetisi sains), MAQC (kompetisi matematika), English Debate dan banyak lainnya. Acara puncak dari TOC yang disebut JVLN pun juga ditunggu karena biasanya menghadirkan aksi panggung musisi terkenal Tanah Air. 

Acara puncak dari Thamrin Olympiad and Cup ke-9 yang telah digelar Februari 2019 lalu (dok. SMANU MH Thamrin)
Acara puncak dari Thamrin Olympiad and Cup ke-9 yang telah digelar Februari 2019 lalu (dok. SMANU MH Thamrin)

Sekolah ini juga memiliki acara yang disebut Open House MHT yang biasanya digelar di bulan Desember. Open house ini dikhususkan bagi siswa kelas 9 yang memiliki ketertarikan untuk masuk ke SMAN Unggulan MH Thamrin lho.

PPDB SMAN Unggulan MH Thamrin rupanya juga dibedakan dari PPDB DKI Jakarta. Siswa yang ingin mendaftar harus melalui beberapa tahap seleksi seperti verifikasi raport, psikotes, tes akademik, dan wawancara. Jumlah siswa yang diterima pun hanya 88 orang saja lho setiap tahun pelajarannya.  

Kerennya fasilitas yang tersedia bagi para siswa SMANU Unggulan MH Thamrin (dok. smanu-mht.sch.id)
Kerennya fasilitas yang tersedia bagi para siswa SMANU Unggulan MH Thamrin (dok. smanu-mht.sch.id)

Sebagai ketua OSIS, Dhiva juga membagikan pengalamannya sebagai siswa di SMAN Unggulan MH Thamrin. Menurutnya menjadi seorang ketua OSIS di sekolah ini cukup menantang karena memiliki program kerja yang cukup banyak dan padatnya waktu KBM. 

"Tantangannya banyak sih, mulai dari program kerja banyak tapi siswanya sedikit, menyesuaikan tanggal dengan padatnya KBM dan yang paling utama mengatur waktu kita masing-masing di SMANU MHT. Karena, kita tahu kalau SMAN Unggulan MH Thamrin intensitas belajarnya besar, kita belajar dari pagi sampai sore, ekskul atau rapat-rapat di sore sampai maghrib, malemnya kita Belajar lagi yaitu Tutor Malam sampai jam 10. Jadi siap-siap kalau jadi pengurus OSIS SMAN Unggulan MH Thamrin harus kuat-kuat berorganisasi dan belajar," pesan Dhiva. 

Last Editor : Khairiyah Sartika
loading...
Komentar
Signin/Signup

Selamat Datang di teen.co.id

Jika tidak dapat login/signup akun, silahkan kontak kami
Twitter: @teencoid, Facebook: TeenIndonesia, Email: teen@teen.co.id

Term & Condition