Jadi Benda Paling Dicari Saat Kecelakaan Pesawat, Ini Fakta Menarik Terkait Black Box

Jadi Benda Paling Dicari Saat Kecelakaan Pesawat, Ini Fakta Menarik Terkait Black Box

tiara susma
Monday, 05 November 2018, 10:30:26 357 0

Black box atau kotak hitam merupakan benda yang paling dicari ketika terjadi kecelakaan pesawat karena penyebab kecelakaan pesawat dapat diketahui lewat benda tersebut.

Seperti yang kita ketahui, pesawat Lion Air JT 610 dikabarkan jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat beberapa waktu lalu. Kotak hitam pesawat Lion Air telah ditemukan dan banyak orang pun dibuat penasaran dengan data-data yang ada di dalam kotak hitam tersebut.

Bagi kamu yang masih asing dengan black box, berikut 4 fakta menarik terkait black box!

Black Box Tidak Berwarna Hitam

Banyak orang sering menduga bahwa warna black box adalah hitam sesuai dengan namanya. Namun, nyatanya black box pada pesawat justru memiliki warna oranye. Warna oranye yang menyolok disebut dapat memudahkan dalam menemukan kotak hitam ini, meski pesawat dalam keadaan hancur sekalipun.

Memancarkan Sinyal

Kotak hitam memiliki teknologi yang canggih bernama pin locator. Teknologi ini dibuat untuk memancarkan sinyal, sehingga pencarian black box di dalam air bisa dilakukan dengan lebih mudah. Sinyal itu sendiri akan dipancarkan setiap detik sampai 30 hari lamanya.

Hanya Mampu Merekam 2 Jam Percakapan

Meski telah dilengkapi teknologi yang canggih, ternyata black box hanya mampu merekam dua jam percakapan pilot serta kopilot di kokpit. Selain itu, black box juga bisa merekam percakapan dengan Air Traffic Control (ATC).

Ditempatkan di Belakang Pesawat

Black box diletakkan di bagian belakang pesawat. Black box sendiri terdiri dari dua alat yaitu FDR (Flight Data Recorder) dan CVR (Cockpit Voice Recorder). FDR berisi data-data pesawat seperti posisi kemudi, ketinggian pesawat, kecepatan udara, posisi roda, dan lain-lain, Sedangkan, CVR berisi rekaman percakapan di kokpit.

Tak Bisa Hancur

Salah satu keunggulan dari black box adalah tidak bisa hancur meskipun pesawat meledak ataupun mengalami kerusakan yang parah. Hal itu dikarenakan black box terbentuk oleh dua lapisan titanium atau baja yang tahan karat. 

Last Editor : Tubagus Guritno
loading...
Komentar
Signin/Signup

Selamat Datang di teen.co.id

Jika tidak dapat login/signup akun, silahkan kontak kami
Twitter: @teencoid, Facebook: TeenIndonesia, Email: teen@teen.co.id

Term & Condition